WEBINAR PENGGUNAAN MOODLE SEBAGAI MEDIA E-LEARNING UNTUK GURU-GURU DI JAWA BARAT

Abstract Views : 244 / Downloads Count: 304

Authors

  • Tiawan Politeknik Enjinering Indorama
  • Afzeri Tamsir Politeknik Enjinering Indorama
  • Emmanuel Agung Nugroho Politeknik Enjinering Indorama
  • Deni Kurnia Politeknik Enjinering Indorama

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.418

Keywords:

pembelajaran online, moodle, teknologi informasi

Abstract

Sistem pembelajaran dengan memanfaatkan informasi teknologi merupakan suatu keniscayaan yang harus dilakukan pada era sekarang ini, sistem pembelajaran konvensional dengan mengandalkan tatap muka, banyaknya administrasi yang harus dipersiapkan oleh guru justru bias menghambat percepatan alih pengetahuan dari guru kepada para murid. Ditengah tuntutan global saat ini yang ditandai dengan percepatan pertumbuhan teknologi informasi maka peningkatan metode pembelajaran juga menjadi tuntutan yang harus diikuti oleh para guru baik pada tataran menengah dan dasar terlebih pada tataran pendidikan tinggi, situasi yang kurang baik sekarang dengan adanya wabah virus corona yang menjadi keprihatinan bangsa-bangsa termasuk bangsa Indonesia menuntut para guru untuk lebih kreatif menyampaikan materi pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada. E-learning bias menjadi salah satu terobosan untuk menjembatani buntunya komunikasi langsung antara guru kepada siswa dan sebaliknya dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu tools yang bias dimanfaatkan dalam model pembelajaran online adalah Moodle. Moodle merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-10-04

How to Cite

Tiawan, Tamsir, A. ., Nugroho, E. A. ., & Kurnia, D. . (2020). WEBINAR PENGGUNAAN MOODLE SEBAGAI MEDIA E-LEARNING UNTUK GURU-GURU DI JAWA BARAT. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 500–505. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.418

Issue

Section

Articles