Pengelolaan Laboratorium Bagi Guru-Guru Fisika dan Perancangan Laboratorium Percontohan di SMAN 2 Harau

Authors

  • Dedi Mardiansyah Universitas Andalas
  • Afdhal Muttaqin Departement Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas
  • Ramacos Fardela Departement Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas
  • Feriska Handayani Irka Departement Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas
  • Astuti Departement Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas
  • Sri Handani Departement Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas
  • Harmadi Departement Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas
  • Dahyunir Dahlan Departement Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas
  • Zulfi Departement Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas
  • Rahmad Rasyid Departement Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas
  • Marzuki Departement Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas
  • Mohammad Ali Shafii Departement Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas
  • Arif Budiman Departement Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas
  • Elvaswer Departement Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas
  • Mora Departement Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas
  • Wildian Departement Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3632

Abstract

Laboratorium merupakan salah satu sarana dan prasarana pembelajaran fisika di sekolah untuk menarik pembelajaran dan mendorong motivasi siswa dalam belajar fisika. Kegiatan yang dilaksanakan di laboratorium biasanya dalam bentuk praktikum atau demonstrasi. Laboratorium harus dikelola dan direncanakan dengan baik agar fungsinya optimal sebagai sarana pembelajaran fisika. Hasil observasi di beberapa SMA yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota ditemukan permasalahan bahwa laboratorium tidak dikelola dengan baik sehingga keberadaanya tidak efektif. Siswa jarang diajak praktikum di laboratorium. Alat-alat praktikum yang sudah diperoleh dari Dinas Pendidikan jarang digunakan untuk kegiatan praktikum, sehingga banyak alat yang sudah rusak karena jarang dipakai. Penataan alat dan fasilitas di laboratorium cukup memprihatinkan, tidak tertata dengan rapi dan tidak di inventaris dengan baik. Guru fisika kesulitan dalam mengadakan praktikum karena tidak adanya modul praktikum/buku petunjuk praktikum. Oleh karena itu kegiatan praktikum yang biasanya dilaksanakan di laboratorium kini dilaksanakan di ruang kelas dengan peralatan yang seadanya. Ini menyebabkan keberadaan laboratorium fisika tidak dimanfaatkan dengan baik. Atas dasar permasalahan-permasalahan tersebut, maka kami tim Pengabdian Kepada Masyarakat mengadakan pembinaan pengelolaan laboratorium fisika bagi guru-guru MGMP fisika yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota agar para guru fisika mampu mengelola laboratorium dengan baik sehingga dapat digunakan untuk kegiatan praktikum maupun proses pembelajaran. Rencana kegiatan PKM antara lain 1) Memberikan sosialisasi pengelolaan laboratorium, 2) Melakukan pengembangan Laboratorium Percontohan Implementasi Merdeka Belajar, 3) Melakukan diskusi pembuatan alat-alat praktikum dari peralatan sederhana, 4) Melakukan diskusi pembuatan modul praktikum/ buku petunjuk praktikum, dan 5) Melakukan monitoring awal dan lanjutan terhadap laboratorium dibeberapa sekolah yang berada di Kebupaten Lima Puluh Kota.

Keywords:

laboratorium fisika, pengelolaan laboratorium, alat praktikum

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 593
Downloads Count: 638

Published

2023-01-09

How to Cite

Mardiansyah, D., Muttaqin, A., Fardela, R., Handayani Irka, F., Astuti, Sri Handani, … Wildian. (2023). Pengelolaan Laboratorium Bagi Guru-Guru Fisika dan Perancangan Laboratorium Percontohan di SMAN 2 Harau. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 69–77. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3632

Issue

Section

Articles