PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI PELATIHAN PARENTING DI DESA KAUMAN KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN GRESIK

Authors

  • I Wayan Arsana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Irnawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Suyono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v1i3.349

Abstract

Pembentukan karakter anak tidaklah lahir begitu saja, ada proses yang dilewatinya sehingga proses tersebut pun menjadi karakter yang melekat dalam diri seorang anak. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman, pendidikan dan mendeskripsikan pentingnya pembentukan karakter melalui pelatihan parenting  bagi  orang tua , dan masyarakat pada umumnya sekita desa Kuman Kecamatan Sedayu Kabupaten Gresik. Desain yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini menggunakan pretest posttest design. Pelaksanaan dalam kegiatan ini menggunakan metode pembelajaran Audio visual dan metode pembelajaran ceramah dan demostrasi. Jumlah peserta dalam kegiatan ini sebanyak 37 peserta. Sebelum dimulainya kegiatan, yang terdiri dari 3 sesi pelatihan, peserta terlebuh dahulu di berlakukan tes awal mengerjakan soal. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengetahuhi pengetahuan awal peserta tentang Parenting. Berdasarkan hasil dari rangkaian kegiatan dapat ditarik kesimpulan bahwa pemahaman peserta tentang parenting meningkat. Adapun nilai peningkatan tersebut dapat dilihat dari prosentase nilai pree test dan post test peserta yang mulanya nilai yang menjawab benar dari nilai pree test hanya 42 % dari seluruh peserta, menjadi nilai post test yang menjawab benar 88% dari semua peserta yang menjawab benar.

Keywords:

parenting, karakter, orangtua

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 339
Downloads Count: 386

Published

2020-07-23

How to Cite

Arsana, I. W. ., Irnawati, & Suyono. (2020). PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI PELATIHAN PARENTING DI DESA KAUMAN KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN GRESIK. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 241–246. https://doi.org/10.31949/jb.v1i3.349

Issue

Section

Articles