PELATIHAN PEMBELAJARAN BIOLOGI ABAD 21
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v1i3.311Abstract
PKM ini berupaya untuk memfasilitasi guru dan calon guru biologi untuk lebih memahami dan mengaplikasikan konsep pembelajaran biologi abad-21 melalui pembekalan teori dan praktik. PKM ini menggunakan metode diskusi, latihan, dan praktik terkait pembelajaran biologi abad-21 untuk penguatan kompetensi guru biologi abad 21 yang di dalamnya terdapat penguatan literasi teknologi dan keterampilan publikasi ilmiah. PKM ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting mengingat saat ini masih dalam masa pandemik Covid-19. Sebanyak 97 peserta mendaftar kegiatan ini dan diketahui bahwa sebagian besar (60%) peserta adalah mahasiswa pendidikan biologi dan 29% peserta adalah guru, sisanya dari masyarakat umum. Berdasarkan hasil kegiatan ini diketahui bahwa sebagian besar peserta sudah mengetahui tentang konsep dasar pembelajaran biologi abad-21, sudah pernah membuat RPP dan media pembelajaran biologi abad-21. Terdapat 38% peserta yang sudah mampu mengembangkan soal HOTS sebagai evaluasi pembelajaran biologi abad-21. Sebagian besar peserta sudah mampu untuk menganalisis soal HOTS yang mereka buat mengguanakan aplikasi excel template, Anates, tetapi mengalami kesulitan untuk menganalisis soal menggunakan aplikasi TAP.
Keywords:
pelatihan, pembelajaran biologi, abad-21Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work