PELATIHAN PEMBELAJARAN BIOLOGI ABAD 21

  • Ipin Aripin Universitas Majalengka
  • Muhamad Kurnia Sugandi Universitas Majalengka
  • Iim Halimatul Mu'minah Universitas Majalengka
  • Asep Mulyani IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Keywords: pelatihan, pembelajaran biologi, abad-21

Abstract

PKM ini berupaya untuk memfasilitasi guru dan calon guru biologi untuk lebih memahami dan mengaplikasikan konsep pembelajaran biologi abad-21 melalui pembekalan teori dan praktik. PKM ini menggunakan metode diskusi, latihan, dan praktik terkait pembelajaran biologi abad-21 untuk penguatan kompetensi guru biologi abad 21 yang di dalamnya terdapat penguatan literasi teknologi dan keterampilan publikasi ilmiah. PKM ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting mengingat saat ini masih dalam masa pandemik Covid-19. Sebanyak 97 peserta mendaftar kegiatan ini dan diketahui bahwa sebagian besar (60%) peserta adalah mahasiswa pendidikan biologi dan 29% peserta adalah guru, sisanya dari masyarakat umum. Berdasarkan hasil kegiatan ini diketahui bahwa sebagian besar peserta sudah mengetahui tentang konsep dasar pembelajaran biologi abad-21, sudah pernah membuat RPP dan media pembelajaran biologi abad-21. Terdapat 38% peserta yang sudah mampu mengembangkan soal HOTS sebagai evaluasi pembelajaran biologi abad-21. Sebagian besar peserta sudah mampu untuk menganalisis soal HOTS yang mereka buat mengguanakan aplikasi excel template, Anates, tetapi mengalami kesulitan untuk menganalisis soal menggunakan aplikasi TAP.

Published
2020-07-17
How to Cite
Aripin, I., Sugandi, M. K., Mu’minah, I. H., & Mulyani, A. (2020). PELATIHAN PEMBELAJARAN BIOLOGI ABAD 21. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 150-158. https://doi.org/10.31949/jb.v1i3.311
Section
Articles