PELATIHAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF REALISTIS UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v3i3.2674Abstract
Menulis bukanlah kegiatan pembelajaran yang mudah untuk siswa SMA. Mereka dihadapkan pada konvensi dalam menulis tetapi juga pencarian gagasan untuk dikembangkan menjadi tulisan. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan pelatihan menulis paragraph deskriptif realistis ke siswa SMA Muhammadiyah kelas 10. Pelatihan dilakukan secara daring dengan menggunakan platform zoom. Pelatihan menulis ini meliputi tiga tahapan. Tahap pertama adalah perencanaan yang meliputi perencanaan administrasi proses belajar mengajar. Tahapan kedua adalah memberikan pelatihan menulis dengan menggunakan dua strategi pencarian gagasan (generating ideas),yaitu klaster (clustering) dan daftar pertanyaan (a list of questions). Pelatihan dimulai dengan memberikan penjelasan tentang kedua strategi tersebut, memberikan model penulisan, dan memberikan contoh paragraf dalam bentuk deskriptif realistis. Dilanjutkan dengan siswa mempraktikan proses penulisan dalam kelompok. Tahapan ketiga adalah evaluasi kegiatan yang dibagi menjadi evaluasi pekerjaan siswa dan evaluasi kegiatan pelatihan. Hasilnya adalah siswa terbantu dalam menulis karena telah dibekali pengetahuan strategi pencarian gagasan. Berdasarkan hasil angket, siswa mengemukakan bahwa menulis menjadi lebih mudah dan menarik.
Keywords:
Menulis, paragraf deskrispsi realistis, klaster, daftar pertanyaanDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Risna Saswati, Saadiayah Arifin, Hamzah Puadi Ilyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work