PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU

Authors

  • Ali Idrus FKIP Universitas Jambi
  • Bradley Setiyadi FKIP Universitas Jambi
  • Robin Pratama FKIP Universitas Jambi
  • Sufri FKIP Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v3i1.1803

Keywords:

artikel ilmiah, kompetensi guru

Abstract

Sebagai seorang pendidik bagi generasi penerus bangsa, sudah selayaknya seorang guru memiliki kemampuan menulis sebuah artikel ilmiah sehingga para anak didik memiliki model untuk kehidupan akademik disekolah. Guru merupakan sumber daya yang dituntut untuk memiliki kemampuan yang lebih dari masyarakat biasa karena kapasitasnya yang lebih intens berinteraksi dengan ilmu pengetahuan. Hal tersebut sudah sepatutnya mampu mengaktualisasikan kompetensinya bukan sekedar kegiatan pengajaran, tetapi mampu untuk menulis hasil dan tantangan pengajaran tersebut dalam penelitian yang bisa dipublikasikan dalam media publikasi baik yang bertaraf nasional, regional, maupun internasional yang pada akhirnya dapat berkontribusi positif bagi permasalahan dalam dunia pendidikan. Pelatihan ini dipandang penting dalam rangka memberikan pengetahuan kepada para guru mengenai ruang lingkup pelatihan penulisan artikel ilmiah meliputi dasar-dasar penulisan karya tulis ilmiah, hal-hal yang perlu dan tidak perlu dilakukan dalam penulisan karya tulis ilmiah; penulisan artikel ilmiah dalam bahasa inggris yang baik dan benar, dan penyusunan dan perbaikan proposal artikel ilmiah oleh masing-masing peserta yang akan dikirim ke jurnal lokal atau nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Idrus, A., Setiyadi, B., Pratama, R., & Sufri. (2022). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 71–77. https://doi.org/10.31949/jb.v3i1.1803

Issue

Section

Articles