PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v3i1.1803Abstract
Sebagai seorang pendidik bagi generasi penerus bangsa, sudah selayaknya seorang guru memiliki kemampuan menulis sebuah artikel ilmiah sehingga para anak didik memiliki model untuk kehidupan akademik disekolah. Guru merupakan sumber daya yang dituntut untuk memiliki kemampuan yang lebih dari masyarakat biasa karena kapasitasnya yang lebih intens berinteraksi dengan ilmu pengetahuan. Hal tersebut sudah sepatutnya mampu mengaktualisasikan kompetensinya bukan sekedar kegiatan pengajaran, tetapi mampu untuk menulis hasil dan tantangan pengajaran tersebut dalam penelitian yang bisa dipublikasikan dalam media publikasi baik yang bertaraf nasional, regional, maupun internasional yang pada akhirnya dapat berkontribusi positif bagi permasalahan dalam dunia pendidikan. Pelatihan ini dipandang penting dalam rangka memberikan pengetahuan kepada para guru mengenai ruang lingkup pelatihan penulisan artikel ilmiah meliputi dasar-dasar penulisan karya tulis ilmiah, hal-hal yang perlu dan tidak perlu dilakukan dalam penulisan karya tulis ilmiah; penulisan artikel ilmiah dalam bahasa inggris yang baik dan benar, dan penyusunan dan perbaikan proposal artikel ilmiah oleh masing-masing peserta yang akan dikirim ke jurnal lokal atau nasional.
Keywords:
artikel ilmiah, kompetensi guruDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work