PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL PELAKU USAHA MIKRO KECIL DESA PANJALIN KIDUL KECAMATAN SUMBERJAYA

Abstract Views : 292 / Downloads Count: 249

Authors

  • L suparto Universitas Majalengka
  • Masduki Universitas Majalengka
  • Dudung Abdullah Universitas Majalengka
  • Alan Rusdiana Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v3i1.1647

Keywords:

Pemasaran Digital, Pelaku UMK

Abstract

Saat ini ekonomi dunia dan perekonomian Indonesia mengalami resisi akibat Covid-19. Hal ini menyebabkan UMK sangat diandalkan bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. Pesatnya teknologi menunjukkan kemajuan yang luar biasa bagi pelaku UMK dimana pelku UMK dapat memanfaatkan teknologi tersebut sebagai media pemasaran online. Dalam perkembangannya, pelaku UMK di daerah termasuk di Kabupaten Majalengka, khususnya pelaku UMK di Desa Panjalin Kidul sulit untuk berkembang disebabkan oleh surut disebabkan banyak faktor diantaranya, belum melakukan strategi pemasaran online dalam memasarkan produknya. Pelaku UMK di Desa Panjalin Kidul Kecamatan Sumberjaya mencapai 46 orang dengan jenis usaha yang beragam seperti kerajinan, makanan ringan, peternakan, dan lain-lain yang memiliki potensi untuk dikembangkan dengan cara memanfaatkan teknologi internet terutama website dan media social. Hal ini akan membuat produk bisa dikenali oleh banyak orang dengan waktu yang cepat dan biaya yang murah. Namun karena belum diterapkannya strategi pemasaran online peroduk yang dimiliki oleh para pelaku UMK belum dikenal oleh masyarakat luas yang menyebabkan kesulitan untuk berkembang. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan metode pelatihan pemasaran online dengan menyediakan website untuk para UMK yang dikelola langsung oleh BUMDes. Dari kegiatan ini diperoleh hasil bahwa hampir semua pelaku UMK sudah bisa mengetahui mekanisme atau cara mendaftar agar produk yang akan dijual tersimpan di website.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

suparto, L., Masduki, M., Abdullah, D. ., & Rusdiana, A. . (2022). PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL PELAKU USAHA MIKRO KECIL DESA PANJALIN KIDUL KECAMATAN SUMBERJAYA . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 17–21. https://doi.org/10.31949/jb.v3i1.1647

Issue

Section

Articles