Pelatihan Digital Marketing Melalui Media Sosial Instagram dan Whatsapp Bussiness bagi UMKM di Kelurahan 1 Ulu Kota Palembang

Authors

  • Dita Mayreista STISIPOL Candradimuka, Palembang, Indonesia
  • Budi Santoso STISIPOL Candradimuka, Palembang, Indonesia
  • Hamzah STISIPOL Candradimuka, Palembang, Indonesia
  • Hamzah STISIPOL Candradimuka, Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14509

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemasaran digital UMKM di Kelurahan 1 Ulu Kota Palembang melalui pemanfaatan media Instagram dan WhatsApp Business. Pelatihan dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan 25 pelaku UMKM dari berbagai sektor, seperti kuliner, fashion, dan kerajinan tangan. Metode yang digunakan meliputi penyampaian materi, praktik langsung, serta sesi pendampingan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta dapat secara mandiri membuat profil Instagram, mengoptimalkan unggahan konten, serta menggunakan fitur-fitur WhatsApp Business untuk interaksi pelanggan. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam promosi digital, dan diharapkan dapat memperluas jangkauan pasar serta daya saing usaha mereka. Tindak lanjut dilakukan melalui monitoring penggunaan platform secara konsisten untuk pertumbuhan usaha.

Keywords:

UMKM, pemasaran digital, Instagram, WhatsApp Business, pelatihan masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 0
Downloads Count: 0

Published

2025-07-09

How to Cite

Mayreista, D., Santoso, B., Hamzah, & Hamzah. (2025). Pelatihan Digital Marketing Melalui Media Sosial Instagram dan Whatsapp Bussiness bagi UMKM di Kelurahan 1 Ulu Kota Palembang. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2149–2153. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14509

Issue

Section

Articles