Pembelajaran Inovatif Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Literasi Bahasa Inggris di Lingkungan Pendidikan Non-formal
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14386Abstract
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi Bahasa Inggris, khususnya keterampilan menulis dan berbicara, pada siswa usia 12 sampai 15 tahun di Rumah Yatim Arrahimah Abu Hurairah, Indramayu. Kegiatan ini dilaksanakan melalui program LEAD (Learn, Explain, Apply, Demonstrate) yang mengadopsi pendekatan Project-Based Learning (PBL). Siswa dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran teks prosedur melalui empat tahapan utama, yaitu memahami konsep (Learn), menjelaskan kembali secara verbal (Explain), menerapkan dalam bentuk proyek prakarya (Apply), dan mempresentasikan hasil karya dalam Bahasa Inggris (Demonstrate). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes diagnostik, dan asesmen formatif, kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman struktur teks, kemampuan menulis secara sistematis, serta kepercayaan diri dalam berbicara Bahasa Inggris. Selain itu, program ini juga berdampak positif pada aspek afektif siswa, seperti kepercayaan diri, kreativitas, dan kemampuan kerja sama. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi peserta didik, tetapi juga menjadi ajang pembelajaran profesional bagi calon guru dalam menerapkan pembelajaran kontekstual yang inovatif. Program LEAD terbukti efektif dan dapat diadaptasi pada lingkungan pendidikan nonformal lainnya
Keywords:
Project-Based Learning, Procedure Text, Literasi Bahasa Inggris, LEAD, Pembelajaran KontekstualDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Atikah wati, Nadiah Tsamarahani, Indri Tsalisti NUrhalim, Laelia Hasanah, Hayatun Ni'mah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work