Pembelajaran Inovatif Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Literasi Bahasa Inggris di Lingkungan Pendidikan Non-formal

Authors

  • Atikah wati Wiralodra University
  • Nadiah Tsamarahani Wiralodra University
  • Indri Tsalisti NUrhalim Wiralodra University
  • Laelia Hasanah Wiralodra University
  • Hayatun Ni'mah Wiralodra University

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14386

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi Bahasa Inggris, khususnya keterampilan menulis dan berbicara, pada siswa usia 12 sampai 15 tahun di Rumah Yatim Arrahimah Abu Hurairah, Indramayu. Kegiatan ini dilaksanakan melalui program LEAD (Learn, Explain, Apply, Demonstrate) yang mengadopsi pendekatan Project-Based Learning (PBL). Siswa dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran teks prosedur melalui empat tahapan utama, yaitu memahami konsep (Learn), menjelaskan kembali secara verbal (Explain), menerapkan dalam bentuk proyek prakarya (Apply), dan mempresentasikan hasil karya dalam Bahasa Inggris (Demonstrate). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes diagnostik, dan asesmen formatif, kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman struktur teks, kemampuan menulis secara sistematis, serta kepercayaan diri dalam berbicara Bahasa Inggris. Selain itu, program ini juga berdampak positif pada aspek afektif siswa, seperti kepercayaan diri, kreativitas, dan kemampuan kerja sama. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi peserta didik, tetapi juga menjadi ajang pembelajaran profesional bagi calon guru dalam menerapkan pembelajaran kontekstual yang inovatif. Program LEAD terbukti efektif dan dapat diadaptasi pada lingkungan pendidikan nonformal lainnya

Keywords:

Project-Based Learning, Procedure Text, Literasi Bahasa Inggris, LEAD, Pembelajaran Kontekstual

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 0
Downloads Count: 0

Published

2025-07-09

How to Cite

wati, A., Tsamarahani, N., NUrhalim, I. T., Hasanah, L., & Ni’mah , H. (2025). Pembelajaran Inovatif Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Literasi Bahasa Inggris di Lingkungan Pendidikan Non-formal . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2114–2125. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14386

Issue

Section

Articles