Treasure Hunt Berbasis TPR Tingkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SD
Treasure Hunt Berbasis TPR Tingkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14101Abstract
Pembelajaran Bahasa Inggris di jenjang Sekolah Dasar berperan penting dalam membekali siswa dengan dasar berbahasa asing sebelum memasuki pendidikan menengah. Namun, rendahnya minat dan partisipasi siswa, terutama dalam penguasaan kosakata, menjadi tantangan tersendiri. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan keterlibatan dan pemahaman kosakata Bahasa Inggris siswa kelas VI UPTD SDN 3 Margadadi melalui permainan edukatif Treasure Hunt yang mengintegrasikan pendekatan Total Physical Response (TPR). Kegiatan dilakukan dalam bentuk aktivitas berbasis pos yang melibatkan gerak, kerja sama kelompok, serta pemecahan tantangan menggunakan prepositions of place dan directions. Metode ini dirancang agar pembelajaran terasa menyenangkan, kontekstual, dan sesuai dengan karakteristik siswa SD. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan antusiasme dan keterlibatan aktif siswa, serta pemahaman kosakata yang lebih fungsional. Pendekatan ini efektif membangun pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis gerak dan permainan dapat menjadi alternatif relevan dalam meningkatkan kualitas pengajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar
Keywords:
Bahasa Inggris, Sekolah Dasar, Total Physical Response, Treasure Hunt, pembelajaran berbasis permainanDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Salma Zafira Adilah, Gina Larasaty, Siti Fathinurrahmah, Sylmina Cahya Sukendar, Tiara Pradhini Citrahati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work