Pengenalan Aplikasi Haji Pintar dan Nusuk Untuk Calon Jamaah Haji KBIHU Mawaddah 2025

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13937

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital calon jamaah haji KBIHU Mawaddah melalui pelatihan penggunaan aplikasi Haji Pintar dan Nusuk. Kedua aplikasi tersebut dirancang oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi untuk mendukung kelancaran pelaksanaan ibadah haji. Pelatihan dilaksanakan dengan pendekatan berbasis modifikasi System Development Life Cycle (SDLC), mencakup perencanaan, pengembangan materi, pelaksanaan sesi interaktif, hingga evaluasi dan dukungan lanjutan. Kegiatan ini diikuti oleh 45 calon jamaah haji dan dilaksanakan secara luring di Masjid As-Sa’adah, Banjaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 64% peserta merasa sangat puas dan 33% puas terhadap pelatihan yang diberikan. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan pelatihan yang digunakan efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam menggunakan aplikasi digital haji. Kegiatan ini direkomendasikan untuk direplikasi di KBIHU lain guna memperluas dampak pemberdayaan masyarakat berbasis teknologi

Keywords:

Haji Pintar, Nusuk, Literasi Digital, KBIHU, Pengabdian Masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 3
Downloads Count: 2

Published

2025-07-08

How to Cite

Darwiyanto, E., Nurtantyana, R., & Priyadi, Y. (2025). Pengenalan Aplikasi Haji Pintar dan Nusuk Untuk Calon Jamaah Haji KBIHU Mawaddah 2025. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2018–2025. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13937

Issue

Section

Articles