Pemanfaatan Media Sosial untuk Promosi Produk Kelempang Goreng bagi Pelaku Usaha Mikro
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13761Abstract
Usaha mikro di daerah pedesaan masih menghadapi tantangan serius dalam hal promosi, pemasaran, dan adaptasi terhadap teknologi digital. Salah satu contohnya adalah produk kelempang goreng, makanan khas berbahan dasar kelapa yang memiliki nilai ekonomi namun belum dikenal luas. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas promosi dan penjualan produk tersebut melalui pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif dan efisien. Pendekatan yang digunakan meliputi pelatihan digital marketing, pembuatan akun bisnis di media sosial, desain konten promosi usaha mikro berbasis digital. Hasil pada kegiatan pengabdian ini menunjukkan peningkatan signifikan pada indikator performa mitra : produk terjual meningkat 80% serta interaksi konten naik hingga 80%. Selain itu, program ini melibatkan mahasiswa dalam praktik langsung sebagai bagian dari implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), memperkuat keterlibatan akademisi dalam pemberdayaan di masyarakat. Pengabdian ini membuktikan bahwa media sosial adalah sarana strategis untuk memperluas akses pasar dan mendorong transformasi digital bagi para pelaku UMKM lokal
Keywords:
UMKM, kelempang goreng, media sosial, digital marketing, usaha mikroDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Evi Purnamasari, Dwi Asa Verano, Indah Pratiwi Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work