Pemanfaatan Media Sosial untuk Promosi Produk Kelempang Goreng bagi Pelaku Usaha Mikro

Authors

  • Evi Purnamasari Universitas Indo Global Mandiri
  • Dwi Asa Verano Universitas Indo Global Mandiri, Palembang, Indonesia
  • Indah Pratiwi Putri Universitas Indo Global Mandiri, Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13761

Abstract

Usaha mikro di daerah pedesaan masih menghadapi tantangan serius dalam hal promosi, pemasaran, dan adaptasi terhadap teknologi digital. Salah satu contohnya adalah produk kelempang goreng, makanan khas berbahan dasar kelapa yang memiliki nilai ekonomi namun belum dikenal luas. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas promosi dan penjualan produk tersebut melalui pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif dan efisien. Pendekatan yang digunakan meliputi pelatihan digital marketing, pembuatan akun bisnis di media sosial, desain konten promosi usaha mikro berbasis digital. Hasil pada kegiatan pengabdian ini menunjukkan peningkatan signifikan pada indikator performa mitra : produk terjual meningkat 80% serta interaksi konten naik hingga 80%. Selain itu, program ini melibatkan mahasiswa dalam praktik langsung sebagai bagian dari implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), memperkuat keterlibatan akademisi dalam pemberdayaan di masyarakat. Pengabdian ini membuktikan bahwa media sosial adalah sarana strategis untuk memperluas akses pasar dan mendorong transformasi digital bagi para pelaku UMKM lokal

Keywords:

UMKM, kelempang goreng, media sosial, digital marketing, usaha mikro

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 2
Downloads Count: 0

Published

2025-07-08

How to Cite

Purnamasari, E., Verano, D. A., & Putri, I. P. (2025). Pemanfaatan Media Sosial untuk Promosi Produk Kelempang Goreng bagi Pelaku Usaha Mikro. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 1990–1996. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13761

Issue

Section

Articles