Penguatan Kapabilitas dan Keterampilan Guru-Guru SMK Dalam Mengembangkan Program Literasi dan Numerasi di Sekolah

Authors

  • Eko Setyadi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Junaedi Setiyono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Arif Maftukhin Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13751

Abstract

Kemampuan literasi dan numerasi sebagian peserta didik tingkat SMK di Indonesia relatif rendah, hal tersebut disebabkan beragam faktor salah satunya budaya literasi dan numerasi di sekolah yang kurang baik. Workshop penguatan literasi dan numerasi bagi guru-guru di SMK Putra Bangsa Salaman bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogis dalam mengintegrasikan literasi dan numerasi ke dalam pembelajaran kejuruan. Kegiatan ini berfokus pada pemberian strategi efektif bagi guru dalam mengajarkan keterampilan membaca, memahami informasi teknis, serta menerapkan numerasi dalam konteks akademik dan dunia industri. Metode kegiatan menggunakan pendekatan PAR (participation action research) berbasis diskusi, pelatihan praktik, serta simulasi pembelajaran, guru diberikan wawasan tentang metode interaktif yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam memahami materi kejuruan secara lebih mendalam. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa workshop ini berhasil meningkatkan pemahaman guru tentang pendekatan literasi berbasis teknologi, pemanfaatan data numerik dalam analisis kejuruan, serta pengembangan model pembelajaran yang mendukung peningkatan keterampilan siswa. Selain itu, program ini mendorong kolaborasi antarpendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih inovatif dan kontekstual. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan guru dapat lebih efektif dalam menerapkan strategi literasi dan numerasi sehingga siswa lebih siap menghadapi tantangan akademik maupun dunia kerja. Secara keseluruhan, workshop ini memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas pendidikan kejuruan melalui penguatan kompetensi literasi dan numerasi bagi tenaga pendidik.

Keywords:

Literasi, Numerasi, Penguatan guru, Mutu sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 0
Downloads Count: 0

Published

2025-07-07

How to Cite

Kurniawan, E. S., Setiyono, J., & Maftukhin, A. (2025). Penguatan Kapabilitas dan Keterampilan Guru-Guru SMK Dalam Mengembangkan Program Literasi dan Numerasi di Sekolah. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 1973–1981. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13751

Issue

Section

Articles