Penguatan Kapabilitas dan Keterampilan Guru-Guru SMK Dalam Mengembangkan Program Literasi dan Numerasi di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13751Abstract
Kemampuan literasi dan numerasi sebagian peserta didik tingkat SMK di Indonesia relatif rendah, hal tersebut disebabkan beragam faktor salah satunya budaya literasi dan numerasi di sekolah yang kurang baik. Workshop penguatan literasi dan numerasi bagi guru-guru di SMK Putra Bangsa Salaman bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogis dalam mengintegrasikan literasi dan numerasi ke dalam pembelajaran kejuruan. Kegiatan ini berfokus pada pemberian strategi efektif bagi guru dalam mengajarkan keterampilan membaca, memahami informasi teknis, serta menerapkan numerasi dalam konteks akademik dan dunia industri. Metode kegiatan menggunakan pendekatan PAR (participation action research) berbasis diskusi, pelatihan praktik, serta simulasi pembelajaran, guru diberikan wawasan tentang metode interaktif yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam memahami materi kejuruan secara lebih mendalam. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa workshop ini berhasil meningkatkan pemahaman guru tentang pendekatan literasi berbasis teknologi, pemanfaatan data numerik dalam analisis kejuruan, serta pengembangan model pembelajaran yang mendukung peningkatan keterampilan siswa. Selain itu, program ini mendorong kolaborasi antarpendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih inovatif dan kontekstual. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan guru dapat lebih efektif dalam menerapkan strategi literasi dan numerasi sehingga siswa lebih siap menghadapi tantangan akademik maupun dunia kerja. Secara keseluruhan, workshop ini memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas pendidikan kejuruan melalui penguatan kompetensi literasi dan numerasi bagi tenaga pendidik.
Keywords:
Literasi, Numerasi, Penguatan guru, Mutu sekolahDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eko Setyadi Kurniawan, Junaedi Setiyono, Arif Maftukhin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work