Peningkatan Kompetensi Digital Guru SMA melalui Pelatihan Pemanfaatan AI dan ChatGPT dalam Pembelajaran Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13692Abstract
Transformasi digital dalam dunia pendidikan menuntut guru untuk memiliki kompetensi teknologi yang adaptif, khususnya dalam memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk pembelajaran. Namun, masih banyak guru SMA yang belum cara memanfaatkan AI, khususnya ChatGPT, sebagai media pendukung pembelajaran interaktif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi digital guru melalui pelatihan pemanfaatan AI dan ChatGPT dalam proses belajar mengajar. Metode kegiatan meliputi ceramah interaktif, demonstrasi, dan praktik langsung oleh peserta. Sebanyak 30 guru dari SMA Negeri 2 Banyuasin 1 mengikuti pelatihan ini. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta yang signifikan, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 56,3 dan peningkatan posttest menjadi 87,8. Selain itu, sebanyak 90% peserta mampu memproduksi perangkat ajar berbasis ChatGPT secara mandiri. Kesimpulannya, pelatihan ini efektif dalam meningkatkan kompetensi digital guru dan dapat menjadi model pelatihan selanjutnya untuk mendukung penerapan pembelajaran berbasis teknologi di sekolah
Keywords:
ChatGPT, Kecerdasan buatan, Kompetensi digital, Pelatihan guru, Pembelajaran interaktifDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Terttiaavini, Agustina Heryati, Septa Cahyani, Indah Pratiwi Putri, Tedy Setiawan Saputra, Lesfandra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work