Peningkatan Kompetensi Digital Guru SMA melalui Pelatihan Pemanfaatan AI dan ChatGPT dalam Pembelajaran Interaktif

Authors

  • Terttiaavini Universitas Indo Global Mandiri, Palembang, Indonesia
  • Agustina Heryati Universitas Indo Global Mandiri, Palembang, Indonesia
  • Septa Cahyani Universitas Indo Global Mandiri, Palembang, Indonesia
  • Indah Pratiwi Putri Universitas Indo Global Mandiri, Palembang, Indonesia
  • Tedy Setiawan Saputra STIE APRIN, Palembang, Indonesia
  • Lesfandra Destinasi Pariwisata, Politeknik Sains Seni Rekakreasi, Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13692

Abstract

Transformasi digital dalam dunia pendidikan menuntut guru untuk memiliki kompetensi teknologi yang adaptif, khususnya dalam memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk pembelajaran. Namun, masih banyak guru SMA yang belum cara memanfaatkan AI, khususnya ChatGPT, sebagai media pendukung pembelajaran interaktif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi digital guru melalui pelatihan pemanfaatan AI dan ChatGPT dalam proses belajar mengajar. Metode kegiatan meliputi ceramah interaktif, demonstrasi, dan praktik langsung oleh peserta. Sebanyak 30 guru dari SMA Negeri 2 Banyuasin 1 mengikuti pelatihan ini. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta yang signifikan, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 56,3 dan peningkatan posttest menjadi 87,8. Selain itu, sebanyak 90% peserta mampu memproduksi perangkat ajar berbasis ChatGPT secara mandiri. Kesimpulannya, pelatihan ini efektif dalam meningkatkan kompetensi digital guru dan dapat menjadi model pelatihan selanjutnya untuk mendukung penerapan pembelajaran berbasis teknologi di sekolah

Keywords:

ChatGPT, Kecerdasan buatan, Kompetensi digital, Pelatihan guru, Pembelajaran interaktif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 11
Downloads Count: 2

Published

2025-07-04

How to Cite

Terttiaavini, T., Heryati, A., Cahyani, S., Putri, I. P., Saputra, T. S., & Lesfandra, L. (2025). Peningkatan Kompetensi Digital Guru SMA melalui Pelatihan Pemanfaatan AI dan ChatGPT dalam Pembelajaran Interaktif . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 1930–1940. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13692

Issue

Section

Articles