Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Melalui Model Kooperatif STAD dengan Media Google Lens pada Anak TKI ICC Ladang Kosma, Pahang, Malaysia

Authors

  • A. Fadillah MGB Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
  • Ernawati Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Saparuddin Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
  • Maretik Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
  • Yanti Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
  • Miswandi Tendrita Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
  • Iyan Nurdiyan Haris Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13675

Abstract

Salah satu permasalahan yang sering ditemukan dalam pelaksanaan pembelajaran bagi anak-anak TKI di ICC Ladang Kosma, Malaysia adalah rendahnya minat dan hasil belajar siswa yang disebabkan kurang akses dan pelayanan pendidikan. Melalui Program MBKM Nasional dalam bentuk “Program Proyek Kemanusiaan” maka Perguruan Tinggi (MRPTNI) mengirimkan mahasiswa ke wilayah tersebut untuk membantu proses pembelajaran dan mendampingi anak-anak TKI. Salah satu pendekatan yang relevan untuk pembelajaran anak-anak tersebut adalah model kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu media Google Lens yangdiharapkan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA pada anak-anak TKI di Malaysia, khususnya di ICC Ladang Kosma. Kegiatan PkM ini dilaksanakan mulai tanggal 27 November 2024 – 22 Februari 2025 dengan prosedur pelaksanaan yang meliputi: desain dan perancangan program, implementasi di lapangan, analisis hasil dan evaluasi kegiatan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media Google Lens memiliki dampak yang sangat positif terhadap peningkatan minat (skor rata-rata 90,83 kategori sangat tinggi) dan hasil belajar siswa (97,14 kategori sangat tinggi) pada materi Keragaman Hayati. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD berbasis Google Lens sangat efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar IPA pada anak-anak TKI ICC Ladang Kosma, Pahang di Malaysia.

Keywords:

Anak-anak TKI di Malaysia, Model STAD, Media Google lens, Minat belajar, Hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 15
Downloads Count: 4

Published

2025-07-08

How to Cite

Fadillah, A., Ernawati, Saparuddin, S., Maretik, M., Yanti, Y., Tendrita, M., & Haris, I. N. (2025). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Melalui Model Kooperatif STAD dengan Media Google Lens pada Anak TKI ICC Ladang Kosma, Pahang, Malaysia. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2048–2059. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13675

Issue

Section

Articles