Pendampingan Pencatatan Keuangan berbasis Excel dan Promosi Digital Pada Unit Usaha Riky Optikal Bandung

Authors

  • Azka Amalia Az-Zahra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Alya Nur Azizah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Annisa Shalsanabila Ramadhani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Kinanti Weninggalih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nanda Auliya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rosalinda Universitas Pendidikan Indonesia
  • Elis Mediawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mimin Widaningsih Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13611

Abstract

Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kerap menghadapi berbagai tantangan dalam menjalankan usahanya. Contohnya dalam pencatatan keuangan dan strategi pemasaran. Para pelaku UMKM belum memiliki pemahaman yang memadai dalam penerapan akuntansi dasar sehingga berakibat pada pencatatan transaksi yang tidak sesuai. Begitu pula dalam aspek pemasaran, banyak pelaku UMKM yang belum memahami strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau pasar yang lebih luas, baik secara konvensional maupun digital. Kurangnya pemahaman ini menyebabkan produk yang ditawarkan tidak dikenal secara luas, sehingga mempengaruhi pertumbuhan usaha secara keseluruhan. Pendampingan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM yang masih kurang dalam pencatatan keuangan dan strategi pemasaran. Metode  yang  digunakan  dalam  pendampingan  melalui  beberapa  tahapan  yaitu  pemetaan kebutuhan UMKM, pendampingan,  dan evaluasi.  Hasil  dari  kegiatan  pengabdian  masyarakat  ini  yaitu terciptanya pencatatan keuangan yang efisien menggunakan aplikasi Excel sederhana dan meningkatnya engagement dengan promosi digital melalui Instagram dan Google Maps. Setelah menerapkan Microsoft Excel sebagai sistem pencatatan keuangan yang direkomendasikan oleh tim pendamping, Riky Optikal mampu menghasilkan laporan keuangan yang lebih akurat dan real-time. Dari segi pemasaran, efektivitas optimalisasi rating Google Maps serta konten media sosial terbukti dengan adanya peningkatan jumlah pelanggan yang datang ke toko.

Keywords:

Pencatatan keuangan, Media promosi, Optikal, UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 3
Downloads Count: 19

Published

2025-07-04

How to Cite

Az-Zahra, A. A., Nur Azizah, A., Shalsanabila Ramadhani, A., Weninggalih, K., Auliya, N., Rosalinda, … Widaningsih, M. (2025). Pendampingan Pencatatan Keuangan berbasis Excel dan Promosi Digital Pada Unit Usaha Riky Optikal Bandung. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 1865–1879. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13611

Issue

Section

Articles