Optimalisasi Pengajaran Bahasa Mandarin Melalui Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) bagi Guru SMA di Jabotabek

Authors

  • Rendy Aditya Universitas Negeri Jakarta
  • Hudiyekti Prasetyaningtyas Universitas Negeri Jakarta
  • Rizky Wardhani Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13364

Abstract

Digitalisasi dalam dunia pendidikan telah membawa perubahan signifikan dalam proses pembelajaran, termasuk dalam evaluasi materi. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta, khususnya tenaga pendidik, dengan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) guna meningkatkan efektivitas evaluasi pembelajaran. Melalui metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, dan praktik, peserta diperkenalkan dengan aplikasi Wordwall.net, yang memungkinkan pembuatan evaluasi digital secara interaktif dan menarik. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta tidak hanya memahami konsep digitalisasi dalam pendidikan, tetapi juga mampu mengimplementasikannya dalam pembuatan alat evaluasi yang lebih fleksibel dan dinamis. Sesi praktik memberikan pengalaman langsung bagi peserta dalam menyusun kuis dan latihan menggunakan Wordwall.net, sehingga meningkatkan pemahaman mereka tentang pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan. Pelatihan ini berhasil memberikan pemahaman dan keterampilan baru dalam pemanfaatan teknologi AI untuk evaluasi pembelajaran. Dengan penerapan inovasi ini, diharapkan tenaga pendidik dapat menciptakan metode pembelajaran yang lebih efektif, interaktif, dan relevan dengan perkembangan teknologi digital saat ini

Keywords:

Pengajaran, Artificial Intelligence (AI)

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 5
Downloads Count: 2

Published

2025-07-04

How to Cite

Aditya, R., Prasetyaningtyas, H., & Wardhani, R. (2025). Optimalisasi Pengajaran Bahasa Mandarin Melalui Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) bagi Guru SMA di Jabotabek. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 1821–1831. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13364

Issue

Section

Articles