Cerita Rakyat: Penumbuhan Budi Pekerti melalui Ekstrakurikuler Bahasa Inggris di Musala Nurul Ashri
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13361Abstract
Cerita rakyat – dengan tema dan pesan moral universal – hadir dan berkembang di berbagai wilayah Indonesia hingga sekarang. Berbagai versi dan jenis media pengantar cerita rakyat diminati oleh orang dewasa terutama anak-anak dan remaja. Pemanfaatan cerita rakyat dapat menjadi media efektif untuk penumbuhan budi pekerti pembacanya. Pentingnya peran cerita rakyat membuatnya terus digunakan dalam berbagai proses pembelajaran bahasa, termasuk Bahasa Inggris. Isu ini juga tampak dari peserta didik di TPA Musala Nurul Ashri yang membutuhkan kegiatan ekstrakurikuler untuk penumbuhkan budi pekerti sekaligus melatih keterampilan Bahasa Inggris mereka. Dengan memperhatikan beberapa isu tersebut, tim PkM Sastra Inggris Universitas Pamulang mengadakan kegiatan membaca cerita rakyat berbahasa Inggris bagi peserta didik Musala Nurul Ashri. Dengan mendiskusikan dan menginterpretasi elemen instrinsik: tokoh, penokohan, tema, dan isu – peserta dapat menumbuhkan budi pekerti yang terkandung di dalamnya sekaligus meningkatkan keterampilan literasi Bahasa Inggris.
Keywords:
Bahasa Inggris, cerita rakyat, penumbuhan budi pekerti, PkMDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Christy Tisnawijaya, Geni Kurniati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work