Cerita Rakyat: Penumbuhan Budi Pekerti melalui Ekstrakurikuler Bahasa Inggris di Musala Nurul Ashri

Authors

  • Christy Tisnawijaya Universitas Pamulang
  • Geni Kurniati Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13361

Abstract

Cerita rakyat – dengan tema dan pesan moral universal – hadir dan berkembang di berbagai wilayah Indonesia hingga sekarang. Berbagai versi dan jenis media pengantar cerita rakyat diminati oleh orang dewasa terutama anak-anak dan remaja. Pemanfaatan cerita rakyat dapat menjadi media efektif untuk penumbuhan budi pekerti pembacanya. Pentingnya peran cerita rakyat membuatnya terus digunakan dalam berbagai proses pembelajaran bahasa, termasuk Bahasa Inggris. Isu ini juga tampak dari peserta didik di TPA Musala Nurul Ashri yang membutuhkan kegiatan ekstrakurikuler untuk penumbuhkan budi pekerti sekaligus melatih keterampilan Bahasa Inggris mereka. Dengan memperhatikan beberapa isu tersebut, tim PkM Sastra Inggris Universitas Pamulang mengadakan kegiatan membaca cerita rakyat berbahasa Inggris bagi peserta didik Musala Nurul Ashri. Dengan mendiskusikan dan menginterpretasi elemen instrinsik: tokoh, penokohan, tema, dan isu – peserta dapat menumbuhkan budi pekerti yang terkandung di dalamnya sekaligus meningkatkan keterampilan literasi Bahasa Inggris.

Keywords:

Bahasa Inggris, cerita rakyat, penumbuhan budi pekerti, PkM

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1
Downloads Count: 0

Published

2025-07-04

How to Cite

Tisnawijaya, C., & Kurniati, G. (2025). Cerita Rakyat: Penumbuhan Budi Pekerti melalui Ekstrakurikuler Bahasa Inggris di Musala Nurul Ashri . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 1811–1820. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13361

Issue

Section

Articles