Pengimplementasian LMS Moodle Berbasis Gamifikasi pada AL Lathif Islamic School

Authors

  • Indra Lukmana Sardi Telkom University
  • Shinta Yulia Puspitasari
  • Nungki Selviandro

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.12877

Abstract

Al Lathif School sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berkomitmen terhadap pengembangan kualitas Pendidikan, memiliki kebutuhan dalam mempersiapkan siswa/siswinya untuk dapat bersaing pada kompetisi. Pelatihan dan persiapan kompetisi yang efektif memerlukan pendekatan yang sistematis dan terintegrasi, termasuk materi pelatihan yang relevan, evaluasi berkelanjutan, dan umpan balik yang konstruktif. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, akan dikembangkan sebuah Learning Management System (LMS) yang dilengkapi dengan gamifikasi yang diharapkan dapat menjadi salah satu solusi yang dapat membantu sekolah dalam menyediakan pelatihan yang terstruktur, efektif, menyenangkan dan menantang. Untuk memaksimalkaan peran LMS ini, chatbot Telegram akan digunakan sebagai media asisten digital yang membantu siswa dengan memberikan informasi, menjawab pertanyaan, dan memberikan umpan balik secara real-time, sehingga memudahkan komunikasi antara siswa, guru, dan pelatih. Selain pengembangan LMS, kegiatan pengabdian masyarakat juga akan mencakup proses sosialisasi, pelatihan, pendampingan dan monitoring, serta evaluasi. Sehingga, dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan dampak yang positif dalam membantu pihak sekolah dalam mewujudkan kebutuhannya.

Keywords:

e-learning, moodle, gamifikasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 0
Downloads Count: 1

Published

2025-07-02

How to Cite

Sardi, I. L., Puspitasari, S. Y., & Selviandro, N. (2025). Pengimplementasian LMS Moodle Berbasis Gamifikasi pada AL Lathif Islamic School. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 1717–1724. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.12877

Issue

Section

Articles