Pengimplementasian LMS Moodle Berbasis Gamifikasi pada AL Lathif Islamic School
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.12877Abstract
Al Lathif School sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berkomitmen terhadap pengembangan kualitas Pendidikan, memiliki kebutuhan dalam mempersiapkan siswa/siswinya untuk dapat bersaing pada kompetisi. Pelatihan dan persiapan kompetisi yang efektif memerlukan pendekatan yang sistematis dan terintegrasi, termasuk materi pelatihan yang relevan, evaluasi berkelanjutan, dan umpan balik yang konstruktif. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, akan dikembangkan sebuah Learning Management System (LMS) yang dilengkapi dengan gamifikasi yang diharapkan dapat menjadi salah satu solusi yang dapat membantu sekolah dalam menyediakan pelatihan yang terstruktur, efektif, menyenangkan dan menantang. Untuk memaksimalkaan peran LMS ini, chatbot Telegram akan digunakan sebagai media asisten digital yang membantu siswa dengan memberikan informasi, menjawab pertanyaan, dan memberikan umpan balik secara real-time, sehingga memudahkan komunikasi antara siswa, guru, dan pelatih. Selain pengembangan LMS, kegiatan pengabdian masyarakat juga akan mencakup proses sosialisasi, pelatihan, pendampingan dan monitoring, serta evaluasi. Sehingga, dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan dampak yang positif dalam membantu pihak sekolah dalam mewujudkan kebutuhannya.
Keywords:
e-learning, moodle, gamifikasiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indra Lukmana Sardi, Shinta Yulia Puspitasari, Nungki Selviandro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work