Pengembangan Kompetensi Profesional Guru BK Melalui Bimbingan Kelompok Menggunakan Games

Authors

  • Maria Loban Institut Agama Kristen Negeri Kupang

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.12702

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi professional guru bimbingan dan konseling melalui bimbingan kelompok menggunakan games. Kegiatan ini diawali dengan analisis kebutuhan guru BK, penyusunan materi layanan, pemberian materi dan simulasi. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diketahui bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok belum dilakukan secara variatif, dan masih menggunakan cara konvensional. Hasil analisis kebutuhan menjadi dasar penyusunan materi dan pemberian materi serta simulasi. Bimbingan kelompok diberikan dengan menggunakan games yang disesuaikan dengan tujuan yang akan dicapai. Setelah games dimainkan, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian lesson learned yang bertujuan agar setiap peserta menyampaikan pelajaran atau hal apa yang telah diperoleh. Pengembangan kompetensi professional guru BK tidak hanya diperoleh melalui seminar, pelatihan-pelatihan khusus, tetapi juga melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Kata Kunci: Kompetensi Professional, Bimbingan Kelompok, Games

Keywords:

Kompetensi Professional, Bimbingan Kelompok, Games

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 0
Downloads Count: 1

Published

2025-07-02

How to Cite

Loban, M. (2025). Pengembangan Kompetensi Profesional Guru BK Melalui Bimbingan Kelompok Menggunakan Games . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 1710–1716. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.12702

Issue

Section

Articles