Inovasi Booth Penjualan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM Binaan Koperasi BSM

Authors

  • Djoko Murdowo Universitas Telkom
  • Vika Haristianti Universitas Telkom, Bandung, Indonesia
  • Aida Andrianawati Universitas Telkom, Bandung, Indonesia
  • Naomi Aulia Fatiharani Universitas Telkom, Bandung, Indonesia
  • Desak Putu Ira Maharani Universitas Telkom, Bandung, Indonesia
  • Fathimah Universitas Telkom, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i4.10760

Abstract

Koperasi Bumisariwangi Mekar yang merupakan Mitra Pengabdian Masyarkat, membawahi 24 Usaha Mikro Kecil dan Menengan (UMKM) yang selalu aktif melakukan penjualan di area Koperasi. Permasalahan yang dihadapi Mitra adalah kurangnya lapak/booth sebagai area penjualan sehingga kesannya terlalu sempit. Disamping itu bentuk booth/lapak terlalu monoton belum mencerminkan kekhasan lokal. Tujuan dari program pengabdian Masyarakat ini adalah untuk membantu UMKM dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sasar dan menciptakan lingkungan yang indah serta mencerminkan budaya lokal. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan obyek studi langsung, dalam pelaksanaannya kegiatan ini melalui proses survey, desain, produksi, serah terima, dan evaluasi. Hasil pengabdian masyarakat berupa rancangan dan implementasi booth/lapak sebagai prototype, penataan lingkungan, desain furniture yang multi fungsi serta berbasis kearifan lokal. Kesimpulan menunjukan bahwa mitra sasar merasa banyak terbantu dengan adanya program pengabdian masyarakat ini.  Hal tersebut dapat terlihat dari hasil survey dan wawancara dengan jumlah suara setuju dan sangat setuju yang diberikan oleh mitra sasar terhadap dampak program pengabdian masyrakat ini. Program pengabdian terhadap masyarakat ini dianggap sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat sasar

Keywords:

booth/lapak, desain, kearifan lokal, UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 86
Downloads Count: 57

Published

2024-10-15

How to Cite

Murdowo, D., Haristianti, V., Andrianawati, A., Fatiharani, N. A., Maharani, D. P. I., & Fathimah, F. (2024). Inovasi Booth Penjualan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM Binaan Koperasi BSM. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 2443–2450. https://doi.org/10.31949/jb.v5i4.10760

Issue

Section

Articles