Media Pop-Up Book Bermuatan Permainan Tradisional Sasak Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Wafiqoh Nurul Azizah Universiatas Mataram
  • Prayogi Dwina Angga Universiatas Mataram
  • Moh. Irawan Zain Universiatas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6038

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa pop-up book bermuatan permainan tradisional Sasak bagi siswa kelas III SDN 1 Lembah Sari. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Sugiyono yang meliputi 10 tahapan penelitian yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data/informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 1 Lembah Sari. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media berupa pop-up book bermuatan permainan tradisional Sasak yang dilengkapi dengan barcode video permainan tradisional Sasak. Hasil uji validasi ahli materi diperoleh 83,6% dengan kategori sangat layak, ahli media diperoleh persentase sebesar 94,2% dengan kategori sangat layak, respon guru diperoleh persentase 100% dengan kategori sangat layak, uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 93,6% dengan kategori sangat praktis, uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 92,5% dengan kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pop-up book bermuatan permainan tradisional Sasak terbukti sangat layak dan praktis digunakan untuk memberikan wawasan kepada peserta didik.

Keywords:

Media, pop-up book, permainan, tradisional, Sasak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Sosial Budaya, 9(1), 121–136. https://doi.org/10.24014/SB.V9I1.376

Arifin Munir, Z. (2020). Implementasi Pendidikan Nilai Melalui Permainan Tradisional Anak Suku Sasak di MI NW Loang Sawak Lombok Tengah. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 397–403. https://doi.org/10.30738/TC.V4I1.5764

B., D. (2009). Perancangan Buku Cerita Anak Pop-Up Tokoh-tokoh Wayang Berseri, Seri “Gatotkaca.” In Undergraduate Thesis. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur (Cetakan I). Penerbit Laksita Indonesia Kws.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104. www.juliwi.com

Fazrin, K. Q., Winahyu, S. E., & Untari, E. (2023). Development of Pop-Up Book Media for Science Learning Content for Grade V Students in Elementary School. Journal of Education for Sustainability and Diversity, 2(1), 182–197. https://doi.org/https://doi.org/10.57142/jesd.v2i1.91

Gustian, U. (2020). Permainan tradisional: suatu pendekatan dalam mengembangkan physical literacy siswa sekolah dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 199–215. https://doi.org/10.29407/JS_UNPGRI.V6I1.14252

Hazmar, A. A., Hazmar, R., & Marlian, M. (2022). Pemanfaatan Media Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 3(2), 95–106. https://doi.org/10.46963/ASATIZA.V3I2.499

Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar di dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 57–65. https://doi.org/10.23887/JPKU.V8I2.24759

Husein MR, M. (2021). Lunturnya Permainan Tradisional. Aceh Anthropological Journal, 5(1), 1. https://doi.org/10.29103/aaj.v5i1.4568

Ibda, H. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Wayang: Konsep dan Aplikasi (H. Nashihin (ed.); III). Pilar Nusantara. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=NQqjDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR4&dq=Perancangan+atau+desain+media+mempertimbangkan+berbagai+hal+agar+menghasilkan+produk+yang+baik+dan+menarik&ots=1DUwnCZ5sj&sig=ouUQ84FtV35P-vcGD3O43c7eJlg&redir_esc=y#v=onepage&q&f

Irmansyah, J., Lumintuarso, R., Sugiyanto, F. X., & Sukoco, P. (2020). Children’s social skills through traditional sport games in primary schools. Cakrawala Pendidikan, 39(1), 39–53. https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.28210

Izzah, A. N., & Setiawan, D. (2023). Penggunaan Media Pop Up Book sebagai Media Belajar yang Menyenangkan di Rumah Dalam Inovasi Pembelajaran SD Kelas Rendah. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 86–92. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/sidu/article/view/1119

Khadijah, A. S., Hasan, K., & Passinggi, Y. . (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Kabupaten Pinrang. Pinisi Journal Of Education, 1(2), 200–209.

Kurniawarsih, M., & Rusmana, I. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Budaya. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.46306/LB.V1I1.11

Lestari, D. A., & Farhurohman, O. (2020). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Pada Siswa Kelas Iv Min 1 Serang. Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(2), 155–166. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/3700/2786

Lestari, F. D., & Sari, P. M. (2021). Media Pop-Up Book Berbasis Kemampuan Higher Order Thinking Skill (Hots) pada Daur Hidup Hewan. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 206. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38644

Listyawati, I. H. (2016). Peran Penting Promosi dan Desain Produk dalam Membangun Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(1). http://jurnal.stibsa.ac.id/index.php/jbma/article/view/39#

Mafit, A. A. (2019). Sistem Informasi Media Pembelajaran Permainan Tradisional Sasak-Lombok Berbasis WEB [Universitas Mataram]. In Journal Web-Based Learning System For Traditional Sasak Lombok Learning Media. https://perpustakaan.ft.unram.ac.id/index.php?p=show_detail%5C&id=8314

Mahisa, T. P., Barriyah, I. Q., Finanda, S. A., & Susanto, M. R. (2022). Perancangan Buku Pop-Up Permainan Tradisional Anak sebagai Media Pelestarian Keaifan Lokal Lombok NTB. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(3), 474–498. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i3.799

Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.31800/JTP.KW.V2N1.P1--12

Muhajirin, M., & Andriana, Y. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Petak Umpet Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 02(02), 131–138. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3474

Mutaqin, E. J., Nurjamaludin, M., & Alfiyanti, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Minat Belajar IPA (Studi Eksperimen terhadap Siswa kelas V SDN 1 Cibunar). CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 73–81. https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.1463

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I5.1475

Nengsi, R. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Ipa Tema Lingkungan …. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 2.

Novitasari, R. D. (2018). Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai-Nilai Budaya Pada. Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 6(2), 13–22.

Nugrahani, R. (2011). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1). https://doi.org/10.15294/lik.v36i1.524

Nur, H., & Asdana, M. F. (2020). Pergeseran Permainan Tradisional di Kota Makassar. Phinisi Integration Review, 3(1), 17–29.

Putri, Q. K., Pratjojo, P., & Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-Up untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 169. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17905

Rahmaniah, R., Hudri, M., Irwandi, I., Bafadal, M. F., Nurmiwati, N., & Hidayati, H. (2021). Permainan Edukasi Psikososial di Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 218–223. https://doi.org/10.31764/JPMB.V3I2.2197

Rahmi, A., & Rustini, T. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Pop-up book Rumah Adat di Indonesia dalam Pembelajaran IPS di SD. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 112–120. https://doi.org/10.31004/AULAD.V6I2.462

Ramadhani, A. (2018). Identifikasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Permainan Anak Tradisional. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 6–10.

Rustan, E., & Munawir, A. (2020). Eksistensi Permainan Tradisional Edukatif Pada Generasi Digital Natives. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 181–196. https://doi.org/10.24832/JPNK.V5I2.1639

Rut, N., Gaol, R. L., Abi, A. R., & Silaban, P. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan Sosial Anak SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 449–455. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.568

Safitri, E., Usra, M., & Yusfi, H. (2022). Peran Guru Penjaskes dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran PJOK. Jendela Olahraga, 7(1), 27–34. https://doi.org/10.26877/jo.v7i1.8835

Safitri, T., Affandi, L. H., & Zain, M. I. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Permainan Tradisional Suku Sasak di Desa Babussalam Gerung Lombok Barat. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 3(1), 63–76. https://doi.org/10.29303/PENDAS.V3I1.1071

Safri, M., Sari, A., & Marlina, D. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 107–113.

Sahara, A., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Di Sumatera Utara Siswa Kelas IV SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 3(1), 30–36. https://doi.org/10.51178/JESA.V3I1.385

Setiyanigrum, R. (2020). Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 2016, 217–219.

Sofianto, A. (2016). Permainan Anak Masa Kini dan Kontribusinya Pada Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 152(3), 28. file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejora-institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec.

Suryawan, I. . A. J. (2020). Permainan Tradisional Sebagai Media Pelestarian Budaya dan Penanaman Nilai Karakter Bangsa. Genta Hredaya, 2(2), 1–10.

Tjahjaningsih, E., Untari, D. H., Radyanto, M. R., & Cahyani, A. T. (2022). Edukasi Permainan Tradisional Bagi Generasi Muda Dalam Upaya Pelestarian Permainan Yang Sudah Terlupakan Endang. Jurnal IKRAITH-ABDIMAS No, 5(2), 96–100.

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019a). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1–11. https://doi.org/10.30742/TPD.V1I02.857

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019b). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857

Voutama, A., & Novalia, E. (2021). Perancangan Aplikasi M-Magazine Berbasis Android Sebagai Sarana Mading Sekolah Menengah Atas. Jurnal Tekno Kompak, 15(1), 104. https://doi.org/10.33365/jtk.v15i1.920

Wijayanti, S. P. (2018). Pengembangan Media Buku Budaya dalam Pembelajaran Wawasan Budaya Indonesia Pelajar BIPA Unesa. BAPALA, 5(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/27314

Winda, P., Pangestu, W. T., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.1-7

Downloads

Abstract Views : 163
Downloads Count: 110

Published

2023-12-04

How to Cite

Azizah, W. N., Angga, P. D., & Zain, M. I. (2023). Media Pop-Up Book Bermuatan Permainan Tradisional Sasak Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2141–2154. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6038