Implementasi Pendidikan Karakter di SDN 1 Marong Lombok Tengah

Authors

  • Ririn Dwi Fatmawati Universitas Mataram
  • Moh. Irawan Zain Universitas Mataram
  • Muhammad Sobri Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5911

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi implementasi pendidikan nilai-nilai karakter yang lakukan di SDN 1 Marong Lombok Tengah dan kendala yang dihadapi sekolah dalam proses implementasi pendidikan nilai-nilai karakter di SDN 1 Marong Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data model dari Miles dan Hubeman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah dua orang guru dan dua peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang dilaksanakan di SDN 1 Marong Lombok Tengah melalui kegiatan pengembangan diri, yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengkondisian) dan integrasi dalam pembelajaran secara tematik, yaitu melalui Silabus dan RPP serta proses pembelajaran. (2) Kendala yang dihadapi sekolah dalam proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yaitu antara lain kurangnya sarana dan prasarana sekolah yang menunjang proses pengimplementasian pendidikan nilai-nilai karakter di sekolah, kurangnya kerja sama antara sekolah dan orang tua siswa terkait dengan pembiasaan baik yang dilakukan di sekolah dan di rumah guna menanamkan nilai karakter yang baik kepada siswa, dan lingkungan tempat tinggal dan lingkungan pergaulan siswa yang kurang baik.

Keywords:

Implementasi, Pendidikan Karakter, Sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade, J, S., dkk. (2020) Nilai Kepedulian Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 1(1) 1-5. Diambil dari: https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/jrpd/article/view/7583/3170

Andri, K,. & Johan, A. (2017). Pendidikan Karakter Religius, Disiplin, dan Bakat Melalui Peningkatan Kualitas Sarana dan Prasarana Sekolah. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. 2(2), 259-278. Diambil dari: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/download/1475/1286

Anike, H, P. (2017). Pembinaan Karakter Siswa dalam Membentuk Sikap 3S (Senyum Salam Sapa). Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. 2(2) 201-205. Diambil dari: https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/JPS/136/133

Atika, dkk. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Mimbal Ilmu. 24 (1).

Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia. 2(2), 223. Diambil dari: https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721

Faiziyah, A. (2017). Transformasi Nilai-Nilai Religius Dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1) 12-21

Framz, H., Agus, W. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pemikiran, Penelitian Pendidikan Dan Sains. 9(1) 1-17. Diambil dari: https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/download/1303/815

Huda, N. (2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Multi Kreasi Satu Delapan

Imelda, A., dkk. (2020). Implementasi Metode Pembelajaran Bervariasi Pada Materi SKI Di Madrasah Ibtidaiyyah. Jurnal Ilmiah PGMI. 6(1), 52-72. Diambil dari: https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/dowload/6026/3218

Isnaini, M. (2013). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Madrasah. Jurnal Al-Ta’lim. 1(6), 445-450.

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 16(3), 280-289. Diambil dari: https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/download/519/38

Ma’rufah, A. (2020). Pengembangan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah. Jurnal Edukasi. 1(1), 125-136

Moleong, lexy, J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustoip, S., Muhammad, J., & Zulela, M,S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya. CV Jakad Publishing Surabaya. Diambil dari: https://files.osf.io/v1/resources/qft7g/providers/osfstorage/5becf3b631c15c00191ad9aa?n=1

Najib, M., Wiyani, N. A., & Sholichin. (2016). Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini (1 ed.). Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Nur, Z., & Rizkia Pangestika, R. (2022). Penguatan Karakter Toleransi Melalui Budaya Sekolah. Buletin Ilmiah Pendidikan, 1(2), 60–67. https://doi.org/10.56916/bip.v1i2.264

Nurhalimah, I. S. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter: Study Kasus di SMP YPPI Baleendah Kabupaten Bandung. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 219–224. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.191

Radiusman., Erfan. M., Sutisna. D., Syazali. M., Sobri. M. (2020). Pendampingan Pendidikan Karakter Mahasiswa HMPS PGSD Universitas Mataram dalam Kegiatan Kemah Bakti Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4(2,) 339-345. Diambil dari: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3844

Rosyad, A.M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. 5(2), 173-190. Diambil dari: https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi/article/download/2074/1760

Sahiri, A. E. ., & Faturahman, A. . (2022). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Metode Cerita Islami dalam meningkatkan Nilai Karakter Siswa . Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 1(2), 69–74. https://doi.org/10.56916/ijess.v1i2.225

Sifaun, N., dkk. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnar Basicedu. 5(5), 2483-3489. Diambil dari: https://jbasic,org/index.php/basicedu/article/download/12344/763

Silvia, A., dkk. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha. 7(3) 221-229. Diambil dari : https://docs.google.com/forms/u/0/d/e/1FAlpQLSchjgZPIDV07ClpNaLswdeqdigeFXSWahDBS_bUoU0BHVynQ/formResponse?pli=1

Sudrajat, Jajat. (2020). Kompetensi Guru di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi Bisnis. 13 (1) 100-110

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, Dan Keagamaan. Bali: Nilacakra. Diambil dari: https://books.google.com/books/about/Metodologi_Penelitian_Kualitatif_da lam_I.html?id=8iJtDwAAQBAJ.

Warsah, I. (2020). Islamic Psychological Analysis Regarding To Rahman Based Education Portrait At IAIN Curup. Psikis : Jurnal Psikologi Islami. 6(1), 29-41. Diambil dari: https://doi.rg/10.19109/psikis.v6i1.3941

Wulansari, S. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Peta Menggunaka Metode Pembelajaran Bervariasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 17(2), 84-89. Diambil dari: https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/download/246/221

Downloads

Abstract Views : 86
Downloads Count: 117

Published

2023-10-28

How to Cite

Fatmawati, R. D., Zain, M. I., & Sobri, M. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter di SDN 1 Marong Lombok Tengah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1699–1977. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5911