STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN AYAM RAS PETELUR DI CV. GIFAR FARM KECAMATAN ARGAPURA KABUPATEN MAJALENGKA

Authors

  • Lili Adam Yuliandri Peternakan UNMA
  • Ulfa Indah Laela Rahmah
  • Ade Aprizal

DOI:

https://doi.org/10.31949/tlsj.v1i1.3671

Keywords:

Strategi pengembangan, ayam ras petelur, matriks internal-eksternal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan usaha yang tepat untuk diterapkan pada Perusahaan CV. Gifar Farm. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Pengolahan data menggunakan Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, dan Matriks QSPM. Total skor Matriks IFE = 2,98 dan total skor Matriks EFE = 2,79, hal ini menunjukan bahwa faktor internal perusahaan lebih kuat dari faktor eksternal perusahaan. Matriks IE menunjukan Perusahaan CV. Gifar Farm berada pada sel V artinya perusahaan tersebut berada pada tahap tumbuh dan stabil. Pengolahan data pada Matriks SWOT memperoleh 5 jenis langkah strategi. Seluruh alternatif strategi dikelompokan dan diolah menggunakan Matriks QSPM untuk memperoleh strategi utama, hasil yang diperoleh yaitu Total Attractive Score (TAS) = 6,32. Strategi utama yang dapat diterapkan perusahaan CV. Gifar Farm adalah strategi hold and maintain (pertahankan dan pelihara) melalui strategi pengembangan produk dan jasa, dikarenakan alternatif strategi ini memperoleh Total Attractive Score (TAS) tertinggi dibandingkan dengan alternatif strategi lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. 2003. Meningkatkan Produktivitas Ayam Ras Petelur. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Achmanu dan Muharlien. 2011. Ilmu Ternak Unggas. UB Press. Malang. Badan Pusat Statistik. 2016. Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi September.

Badan Pusat Statistik. 2018. Statistik Peternakan. Jakarta.

. .2008. Statistik Peternakan. Jakarta.

Bahar, Z.A. 2006. Strategi Pengembangan Peternakan Dalam Rangka Meningkatkan Peran Sub Sektor Peterinakan Di Kabupaten Bengkalis. Tesis. Sekolah Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor. IPB.

David, F.R. 2004. Manajemen Strategis. Edisi Kesembilan. PT. Intan Sejati Klaten. Jakarta.

Delisya. 2004. Kajian Strrrategi Pengembangan Usaha Kecil Manisan Pala. Skripsi, Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.

Departemen Pertanian. 2005. Prospek dan Arah Pengembangan Agribisnis Unggas. Departemen Pertanian. Jakarta.

Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Pemerintah Propinsi Lampung. 2003. Pengembangan Kawasan Agribisnis Berbasis Peternakan Di Propinsi Lampung. Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Pemerintah Propinsi Lampung. Lampung.

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Pringsewu. 2015. Perkembangan Harga Produk Peternakan dan Perikanan. Pringsewu.

Downloads

Published

2022-10-25

How to Cite

Yuliandri, L. A., Ulfa Indah Laela Rahmah, & Ade Aprizal. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN AYAM RAS PETELUR DI CV. GIFAR FARM KECAMATAN ARGAPURA KABUPATEN MAJALENGKA. Tropical Livestock Science Journal, 1(1). https://doi.org/10.31949/tlsj.v1i1.3671