PELATIHAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK BAGI GURU PAUD DI KABUPATEN MAJALENGKA
Abstrak
Anak usia dini merupakan tahap awal bagi setiap kehidupan manusia. Pada tahap ini pertumbuhan dan perkembangan berkembang dengan sangat cepat. Semua yang dilihat dan didengar oleh setiap anak akan ditiru dan dilakukan olehnya. Dalam masa perkembangannya, akan terdapat fase kritis yang membuthkan stimulasi atau rangsangan yang bermanfaat bagi potensi perkembangan anak. PKM ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru PAUD dalam mengoptimalkan proses perkembangan motorik pada anak. Tahapan dalam kegiatan PKM ini meliputi tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi program. Peserta dalam PKM ini terdiri atas 12 orang guru PAUD di Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka. Hasil PKM ini menunjukkan bahwa guru PAUD yang mengikuti kegiatan PKM mengalami peningkatak pengetahuan dan keterampilan dalam melatih perkembangan motorik halus pada anak.
Kata Kunci:
Kemampuan, motorik halus, guru PAUDUnduhan
Referensi
Altenmüller, E. (2017). Focal dystonia: Advances in brain imaging and understanding of fine motor control in musicians. Hand Clinics, 19(3), 523–538. https://doi.org/10.1016/S0749- 0712(03)00043-X
Cllaudia, E. S., Wdiastuti, A. A., & Kurniawan, M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 143. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97
Depkes, R. I. (2006). Pedoman umum pemberian makanan pendamping air susu ibu (MP-ASI) lokal. Jakarta: Depkes RI.
Hamsah, I. A., Darmiati, D., Mirnawati, M., & others. (2020). Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita di Posyandu. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 9(2), 1003–1008.
Hayati, S. (2014). Gambaran Faktor Penyebab Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa) pada Balita di Puskesmas Pasirkaliki Kota Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, 2(1).
Indraswari, L. (2013). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Pesona PAUD, 1(1), 1–13
Misiyanti, N. W., Parmiti, D. P., & Wirya, I. N. (n.d.). Penerapan metode demonstrasi berbantuan media konkret melalui kegiatan kolase untuk meninkatkan perkembangan motorik halus. E- Journal PG-PAUD, 2(1), 1–11.
Suryana, D. (2013). Pengetahuan Tentang Strategi Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 19 No. 2 (2013) https://doi.org/10.17977/jip.v19i2.4212
Suryana, D. (2017). Dasar-Dasar Pendidikan TK. Hakikat Anak Usia Dini. Jakarta: UT
Tahel, F., Ginting, E., Sistem, J., Fakultas, I., Universitas, T., Utama, P., … Halus, M. (2019). Penerapan Aplikasi Flash Dalam Media Pembelajaran. Jurnal Informatika Kaputama Vol. 2(1), 34–43
Warniti, N. K. S., Ardana, I. K., & Kristiantari, M. R. (2014). Penerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Meronce Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok B. E-Journal PG PAUD, 2(1), 1–10. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3628
Yanto. (2018). Pengaruh pembelajaran kolase terhadap perkembangan motrik halus anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 43. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.6
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Maria Hidayati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.