BIMTEK KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA
Abstrak
Kurikulum Merdeka adalah kurikulum hasil kebijakan Kemendikbudristek sebagai opsi tambahan dalam rangka pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. Kurikulum merdeka mengharapkan peserta didik dapat lebih bebas bereksplorasi dan menggali setiap potensi yang dimilikinya, serta dapat membentuk karakteristik anak yang nasionalisme dan memiliki budi pekerti yang baik. PKM ini bertujuan memberikan informasi terkait kurikulum PAUD khususnya kurikulum MBKM yang sedang gencar di sosialisasikan. PKM ini dilakukan melalui tiga tahapa, yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi dengan metode diskusi, tanya jawab, workshop digunakan selama kegiatan. PKM ini melibatkan 18 guru PAUD di Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka. Hasil PKM menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan guru PAUD terkait kurikulum anak usia dini khususnya terkait kurikulum MBKM yang akan dilaksanakan pada tingkat PAUD. 50% partisipan yang terlibat dalam PKM tergolong memiliki pengetahuan akhir tentang kurikulum PAUD dengan kategori baik. Sebagian kecil tergolong pada kategori cukup. Masih diperlukan sosialisasi lebih lanjut terkait kurikulum PAUD terutama mengenai kurikulum MBKM.
Kata Kunci:
Bimtek, Kurikulum PAUD, MajalengkaUnduhan
Referensi
Kemendikbud RI. Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka Merdeka belajar. Jakarta:
Hartati, S. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Depdiknas, Dirjen Dikti, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi. Kemendikbud RI. Buku Saku tanya jawab Kurikulum Merdeka merdeka belajar.
Restu, R. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, Vol. 6 no. 4 hal. 6313 – 6319.
UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 MARIA HIDAYANTI

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.