UPAYA MENINGKATKAN INOVASI DAN KUALITAS PENDIDIKAN DASAR MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 6
DOI:
https://doi.org/10.31949/parahita.v5i2.8766Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan upaya inovasi dan kualitas pendidikan sekolah dasar melalui kegiatan kampus mengajar. Kegiatan PKM ini dilaksanakan selama empat bulan, yaitu September s.d Desember 2023. Participation Action Research (PAR) digunakan sebagai metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini, yaitu ke mahasiswa dan DPL terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran dalam upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran. Sebanyak dua sekolah terlibat dalam kegiatan PKM ini, yaitu SDN Sindanghaji I dan SDN Wangkelang I. Sekolah tersebut dipilih didasarkan pada penugasan DPL dalam kegiatan kampus mengajar. Hasil PKM ini menunjukkan bahwa kegiatan KM yang dilaksanakan di SDN Sindanghaji I dan SDN Wangkelang I memberikan dampak positif dalam upaya meningkatkan inovasi dan kualitas pendidikan di kedua sekolah tersebut. Sasaran program KM yang telah ditetapkan, yaitu peningkatan literasi dan numerasi, sumber belajar bemutu, adaptasi teknologi, manajemen sekolah, dan mitigasi perubahan iklim berjalan dengan baik. Inovasi dalam pemanfaatan ICT seperti penggunaan aplikasi Quizziz, Wordwall, dan Canva dapat menjadi sarana untuk peningkatan kualitas pendidikan. Berdasarkan kegiatan PKM ini dapat direkomendasikan bahwa kegiatan kampus mengajar sangat relevan dalam upaya peningkatan inovasi dan kualitas pendidikan pada jenjang sekolah dasar.
Keywords:
Inovasi, kualitas pendidikan, kampus mengajar, AdministrationDownloads
References
Agustin, T. T., Wiranata, I. H., & Nursalim. (2022). Upaya Penanaman Pendidikan Karakter melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 4 di SMP Hasanudin Kota Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 630–646. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/3086
Ahadiyah, D. N., Rigianti, H. A., Kurniawati, W., & Purnomo, H. (2023). Studi Literatur: Keefektifan Peningkatan Literasi Dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.23960/jpmip.v2i1.230
Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 1(1), 485–501. http://snastep.com/proceeding/index.php/snastep/index
Annisa, A. A., Kirana, H., Ristanury, T. S., Hilman, D. R., Angreini, A., Melisa, P., & Ardianto, F. (2022). Literasi, Numerasi Dan Adaptasi Teknologi Kampus Mengajar 2 Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sumbawa Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Suluh Abdi, 4(1), 55. https://doi.org/10.32502/sa.v4i1.4585
Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2021). Learning loss due to school closures during the COVID-19 pandemic. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 118(17). https://doi.org/10.1073/PNAS.2022376118
Fauzi, T. I., Rahmawati, D. N. U., & Astuti, N. P. (2021). Program Kampus Mengajar (PKM) Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik di SDN 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 483–490. https://doi.org/10.29040/budimas.v3i2.3406
Hakim, F., Fitriani, Elisabeth Intan Lumme, Rasnida, Nur Aisyah S, & Pipin Lestari. (2023). Meningkatkan Kemampuan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi Di SMPN 8 Satap Majene Melalui Program Kampus Mengajar. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 3(1), 47–54. https://doi.org/10.29303/interaktif.v3i1.85
Hariyanti. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 133–146. https://www.mendeley.com/reference-manager/reader-v2/5591c471-e318-32a7-8948-b889c2956fed/62fe0dc5-5b80-6b55-7cce-f2134f57392a
Hijrah, Kaddas, B., Nurdiansyah, E., Setiawan, I. P., & Erniati, E. (2022). Pengembangan Pendidikan Karakter Program Kampus Mengajar Pada Siswa Kelas V di UPT SPF SD Negeri Tabaringan 5 Kabupaten Ujung Tanah Kota Makassar. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 5(3), 919. https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i3.2251
Nurhuda, H. (2022). Masalah-Masalah Pendidikan Nasional Faktor-Faktor dan Solusi Yang Ditawarkan. Dirasah, 5(2), 127–137.
Pradana, J. I. (2022). Tujuan Kampus Mengajar. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/junita21325/6247c6fc9510512e522b7257/berikut-tujuan-program-kampus-mengajar-km
Zukmadini, A. Y., & Rohman, F. (2023). Edukasi Mitigasi Dan Adaptasi Perubahan Iklim Menggunakan Film Dokumenter. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 191. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i1.39503
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ipin Aripin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.