BIMTEK PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR DI LUAR KELAS UNTUK PAUD KABUPATEN DI KAB. MAJALENGKA
Abstract
Pendidikan anak usia dini sangat berperan penting dalam mencerdaskan anak bangsa. Lingkungan belajar yang aman dan nyaman sangat mendorong anak dalam menangkap materi yang diberikan oleh guru atau pendidik. Terutama lingkungan di luar kelas yang membuat anak bisa mengexplore lingkungannya, beradaptasi di lingkungan yang ada disekitarnya dan bisa lebih menyatu dengan alam. Dengan adanya bimtek ini diharapkan guru-guru PAUD yang mampu mengkondisikan lingkungan belajar di luar kelas yang menyenangkan bagi anak. Tujuan PKM ini adalah memberikan bekal pengetahuan teoritis dan teknis kepada guru-guru PAUD di Kabupaten Majalengka dalam pengelolaan lingkungan belajar. Tahapan dalam kegiatan PKM ini meliputi tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi program. PKM ini melibatkan 16 orang guru PAUD di Kabupaten Majalengka. Hasil PKM menunjukkan bahwa guru-guru PAUD di Kabupaten Majalengka yang terlibat dalam kegiatan ini mengalami peningkatan pengetahuan teoritis dan praktis dalam pengelolaan lingkungan belajar di luar kelas. Guru-guru PAUD yang terlibat dalam PKM mampu memanfaatkan dan mengelolaan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan di luar sekolah.
Keywords:
Pengelolaan, Lingkungan, BelajarDownloads
References
Asmawati, L.. 2008. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jannah, A. L. 2013. Kesalahan-kesalahan Guru PAUD Yang Sering Di Anggap Sepele. Yogyakarta: DIVA Press.
Masitoh .2009. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sudono, A.. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan Pendidikan Usia Dini. Jakarta: PT Grasindo
Vera, A.. 2012. Metode Mengajar Anak Di Luar Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Firman Yudhanegara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.