RESILIENSI EKONOMI RUMAH TANGGA MUSLIM YOGYAKARTA MASA ADAPTASI PANDEMI COVID-19

  • Muhammad Misbakul Munir STIS Al Wafa
Keywords: ekonomi, kreatif, resiliensi, rumah tangga, sinergi

Abstract

Pandemi covid-19 merupakan pandemi global, dampak ekonomi bagi rakyat Indonesia sangat serius, satu diantaranya yang terdampak adalah masyarakat Yogyakarta. Fenomena menarik bagi penduduk di kota pelajar tersebut dimana kreatifitas masyarakatnya untuk bertahan ditengah himpitan kebutuhan ekonomi. Penelitian ini berusaha mengetahui upaya para pelaku usaha rumah tangga dalam menghadapi pandemic global tersebut. Penelitian menggunakan studi kasus dengan menjadikan beberapa pelaku usaha rumah tangga sebagai sumber data primer penelitian, sedangkan data sekunder dari informasi-informasi pendukung terkait penelitian yang dilakukan baik dari interview, pengamatan maupun sumber-sumber Pustaka ataupun penelitian terdahulu yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreatifitas pelaku usaha rumah tangga semakin menguat dengan mengikuti perkembangan yang ada. Setidaknya, ada tiga langkah dilakukan. Pertama, menggunakan media online untuk pemasaran produknya baik melalui whatsapp, Instagram, facebook dan platform lainnya. Kedua, penguatan komunitas pelaku UMKM maupun pelaku usaha rumah tangga terutama melalui group-group media social. Ketiga, Kolaborasi antar pelaku usaha. Hasil temuan penelitian menjelaskan bahwa pelaku usaha rumah tangga muslim Yogyakarta berusaha tetap survive meski dalam segala keterbatasan yang ada. Hal ini menunjukkan modal utama resilensi ekonomi adalah kreatifitas dan bersinergi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-03-08
Section
Articles