Work Professionalism And Ethics In Islamic Business

Authors

  • Hamka Politeknik Negeri Ujung Pandang
  • Nahlah CV. Sinar Agung Stationary Shop Parepare
  • Murtiadi Awaluddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Amirudin K Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31949/maro.v6i1.4124

Keywords:

Profesionalisme, etika bisnis, Islam

Abstract

Ummat muslim yang bergerak dalam bidang bisnis wajib mengetahui hukum jual beli, untuk mengetahui apa yang halal dan haram dalam jual beli, dalam proses jual beli tidak ada pebisnis yang ingin gagal dalam menjalankan usahanya dan berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Dalam islam perdagangan (bisnis) adalah suatu lahan yang mampu menghasilkan banyak keberkahan. Kegiatan perdagangan atau bisnis menjadi  sebuah profesi yang paling banyak diperebutkan  karena dapat memberikan keuntungan dan kesuksesan. Namun sebagai umat Islam, hendaknya tidak melihat keuntungan materi saja, atau dunia semata. Tapi lebih penting dari itu adalah keuntungan ukhrawi. Barangsiapa yang berjuang mencari akhirat, maka dunia akan mengikuti.  Sedangkan perjuangan mencari keuntungan dunia semata, maka keuntungan akhirat tidak akan didapatkan. Seperti itulah pandangan bisnis dalam Islam.  Makalah ini akan menjelaskan tatacara dan etika berbisnis dalam perspektif Islam yang dapat mendatangkan keuntungan dunia dan akhirat. Metode yang digunakan adalah metode kepustakaan dengan pendekatan analisis deskriptif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-02

How to Cite

Hamka, Nahlah, Awaluddin, M., & K, A. (2023). Work Professionalism And Ethics In Islamic Business. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 6(1), 12–21. https://doi.org/10.31949/maro.v6i1.4124