PERTUMBUHAN EKONOMI PONDOK PESANTREN MA’HAD AL -ZAYTUN DI TENGAH ISU RESESI EKONOMI GLOBAL 2023 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM”

Authors

  • Nur Laila Khoirun Khasanah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS)
  • Fitri R. Sunarya Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/maro.v6i1.3914

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan bagian penting dalam sistem ekonomi suatu negara yang menjadi indikator tingkat kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ekonomi pesantren sering kali luput dari pandangan dunia ekonomi. Dalam konteks ekonomi global, pemberdayaan kemandirian ekonomi pesantren akan menjadi modal sosial dan inspirasi umat agar ekonomi masyarakat lokal mampu bersaing secara global. Hal inilah yang coba diwujudkan oleh Pesantren Al-Zaytun. Potensi resesi ekonomi global 2023 menimbulkan kekhawatiran bagi para pelaku ekonomi. Kehadiran resesi menyebabkan kondisi perekonomian bergerak ke arah keterpurukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pertumbuhan ekonomi Pesantren Al- Zaytun di tengah isu resesi ekonomi global 2023 yang akan dikaji dalam kacamata ekonomi Islam. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi literatur. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Pesantren Al- Zaytun memiliki strategi yang mumpuni dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi pesantren yang mandiri. Diantara strategi tersebut ialah strategi green economic dan blue economic.

Keywords:

ISlamic Economic, Pesantren, Growth Economic , Global Recession

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 590
Downloads Count: 585

Published

2023-05-02

How to Cite

Khasanah, N. L. K., & Sunarya , F. R. (2023). PERTUMBUHAN EKONOMI PONDOK PESANTREN MA’HAD AL -ZAYTUN DI TENGAH ISU RESESI EKONOMI GLOBAL 2023 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM”. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.31949/maro.v6i1.3914