Halal, Hygienic and Decision Awareness Purchasing Korean Street Food “Tteokobokki“

Authors

  • Ary Dean Amri Universitas Jambi
  • Mia Awdina Universitas Jambi
  • Yuliani Dwi Fauzianto Universitas Jambi
  • Surya Prastio Universitas Jambi
  • Novita Zana Universitas Jambi
  • Novi Nur Kholifah Universitas Jambi
  • M. Aldira Dwi Septiawan Universitas Jambi
  • Amanda Syafitri Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31949/maro.v6i1.3762

Abstract

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal dan higienis terhadap keputusan pembelian Korean Street Food "Tteokbokki" baik secara parsial maupun simultan. Objek  penelitian ini adalah keputusan pembelian Korean street food “tteokbokki” pada mahasiswa aktif Program Studi Ekonomi Islam angkatan 2020 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui observasi, kajian pustaka dan penyebaran kuesioner. Populasi sebanyak 107 mahasiswa dan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan rumus Slovin diperoleh sebanyak 85 mahasiswa. Analisis data dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda, analisis koefisien determinasi, uji-t dan uji-F. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa variabel kesadaran halal tidak berpengaruh secara signifikan dengan hasil penelitian menunjukkan t hitung (0,473) < t tabel (1,664) ) dan nilai signifikan sebesar 0,638 , sebaliknya variabel higienis berpengaruh secara signifikan dengan hasil penelitian menunjukkan t hitung (3,732) > t tabel (1,664) serta nilai signifikan sebesar 0,000. Sedangkan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa F hitung (16,414) > F tabel (3,108) dan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, variabel kesadaran halal dan higienis  secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

Keywords:

Higienis, Kesadaran Halal, Konsumen, Keputusan Pembelian, Tteokbokki

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 280
Downloads Count: 398

Published

2023-05-02

How to Cite

Amri, A. D., Mia Awdina, Yuliani Dwi Fauzianto, Surya Prastio, Novita Zana, Novi Nur Kholifah, … Amanda Syafitri. (2023). Halal, Hygienic and Decision Awareness Purchasing Korean Street Food “Tteokobokki“. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 6(1), 40–48. https://doi.org/10.31949/maro.v6i1.3762