Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Purchase Decision (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kabupaten Majalengka)

Authors

  • Engkun Kurnadi Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/maro.v5i2.3747

Keywords:

Tinjuan Pelanggan Online, Perangkat Pelanggan Online, Keputusan Pembelian, Konsumen

Abstract

Perkembangan di era globalisasi telah membuat pergeseran perilaku manusia khususnya dalam kebiasaan berbelanja dari cara offline ke online, ditandai dengan pertumbuhan e-commerce yang mengalami peningkatan yang signifikan. Salah satu fitur (OCR) dan (OCRg) ini mendapat perhatian besar yang membuat keputusan pembelian lebih tinggi pada pengguna aplikasi Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review dan online customer rating secara parsial terhadap keputusan pembelian pengguna aplikasi Shopee di Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Shopee di Kabupaten Majalengka sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah incidental sampling. Analisis data dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji kelayakan, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji parsial. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa (OCR) dan (OCRg) berpengaruh cukup besar terhadap keputusan pembelian. Artinya semakin tinggi (OCR) dan (OCRg), semakin tinggi keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-23

How to Cite

Kurnadi, E. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Purchase Decision (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kabupaten Majalengka). Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 5(2), 287–295. https://doi.org/10.31949/maro.v5i2.3747