Effect Of Consumer Knowledge On Decisions To Invest Share In The Investment Gallery Of The Indonesia Stock Exchange UNISKA Kediri

Authors

  • Ganda Yulida Sukemi IAIN KEDIRI
  • Zuraidah IAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31949/maro.v6i2.3462

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan konsumen terhadap keputusan berinvestasi saham di Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia UNISKA Kediri. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif atau hubungan, dengan bentuk hubungan kausalitas. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan teknik simple random sampling. Dengan bantuan tabel dari Isaac dan Michael pada tingkat kesalahan 5% dan populasi sebesar 150 maka diperoleh sampel penelitian sebanyak 105 investor. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat ketahui bahwa pengetahuan konsumen mengenai Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia UNISKA Kediri termasuk kategori sangat mengetahui. Sedangkan keputusan berinvestasi saham di Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia UNISKA Kediri termasuk kategori sangat setuju. Uji t memiliki nilai thitung (14,633) ≥ ttabel (1,98326), maka berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal  ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel pengetahuan konsumen terhadap variabel keputusan berinvestasi. Serta nilai R square sebesar 0,675 menunjukkan besarnya pengaruh variabel pengetahuan konsumen terhadap variabel keputusan berinvestasi yaitu sebesar 67,5%.

Keywords:

Investasi, Keputusan Konsumen, Kepuasan Konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 55
Downloads Count: 72

Published

2023-11-13

How to Cite

Sukemi, G. Y., & Zuraidah. (2023). Effect Of Consumer Knowledge On Decisions To Invest Share In The Investment Gallery Of The Indonesia Stock Exchange UNISKA Kediri. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 6(2), 356–368. https://doi.org/10.31949/maro.v6i2.3462