Strategi Pemasaran Pada Pembiayaan Haji Di Indonesia : Studi Literatur Persepsi Mahasiswa PascaSarjana Bidang Perbankan Syariah

Authors

  • Anhar Ziqhri UIN SUMATERA UTARA
  • Andri Soemitra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31949/maro.v5i2.2810

Abstract

Ibadah haji merupakan rukun islam yang kelima masa tunggu haji yang relatif lama membuat masyarakat harus menunggu untuk berangkat haji selain itu banyak masyarakat yang menunggu mapan dan sudah tua untuk berangkat haji,padahal masyarakat dapat mendaftar haji walaupun di usia muda. Rendahnya peminat pembiayaan haji terlihat dari banyak masyarakat yang memilih tabungan haji dibandingkan pembiayaan haji padahal dengan adanya pembiayaan haji harapannya masyarakat dapat lebih mudah melaksanakan ibadah haji sejumlah penelitian mengkaji tentang strategi pemasaran produk pembiayaan haji namun sepanjang penelusuran peneliti belum ada yang mengkaji secara komprehensif bagaimana strategi pemasaran pembiayaan haji di indonesia. Desain penelitian ini kualitatif dengan studi literatur dari 10 paper yang relevan dengan pertanyaan penelitian.selanjutnya penelitian dilanjutkan dengan wawancara mahasiswa pascasarjana bidang perbankan syariah .hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa strategi pemasaran dalam memasarkan produk pembiayaan haji di indonesia melalui lembaga keuangan syariah seperti pegadaian syariah dan perbankan syariah.

Keywords:

Hajj Financing, Islamic Banking, Marketing Strategy

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1101
Downloads Count: 1209

Published

2022-11-01

How to Cite

Ziqhri, A., & Soemitra, A. (2022). Strategi Pemasaran Pada Pembiayaan Haji Di Indonesia : Studi Literatur Persepsi Mahasiswa PascaSarjana Bidang Perbankan Syariah. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 5(2), 193–201. https://doi.org/10.31949/maro.v5i2.2810

Issue

Section

Articles