PENGARUH PEMANFAATAN E-COMMERCE DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Pada Usaha E-Commerce Fashion dan Makanan Kecamatan Majalengka)

Authors

  • Robi Maulana Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/maro.v5i1.2489

Abstract

ABSTRAK

Terjadinya industri 4.0 atau era internet sehingga meningkatkan persaingan bisnis yang tinggi. Era industri 4.0 menekan pada para pelaku usaha untuk lebih meningkatkan kemampuan bersaing dan membuat solusi untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahannya. Penelitian ini dilakukan  yaitu untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh pemanfaatan E-Commerce dan sistem informasi akuntansi terhadap kinerja keuangan perusahaan pada pelaku usaha E-Commerce fashion dan makanan di Kecamatan Majalengka. Dengan tujuan untuk mengidentifikasi: (1) bagaimana pengaruh pemanfaatan E-Commerce terhadap kinerja keuangan perusahaan,(2) bagaimana pengaruh sistem informasi akuntansi terhadap kinerja keuangan perusahaan.

Variabel yang diteliti ada dua jenis yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas yaitu pemanfaatan E-Commerce dan sistem informasi akuntansi, serta variabel terikat yaitu kinerja keuangan perusahaan. Metode  penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan deskriftif dan verifikatif. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis.

Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) pemanfaatan E-Commerce terhadap kinerja keuangan perusahaan menunjukkan pengaruh yang signifikan. Sedangkan (2) sistem informasi akuntansi terhadap kinerja keuangan perusahaan tidak memberikan pengaruh yang signifikan.

 

Keywords:

Pemanfaatan E-Commerce, Sistem Informasi Akuntansi, Kinerja Keuangan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 751
Downloads Count: 1245

Published

2022-06-28 — Updated on 2022-06-28

Versions

How to Cite

Maulana, R. (2022). PENGARUH PEMANFAATAN E-COMMERCE DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Pada Usaha E-Commerce Fashion dan Makanan Kecamatan Majalengka). Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 5(1), 137–146. https://doi.org/10.31949/maro.v5i1.2489