Pengaruh Literasi Keuangan Syari’ah, Religiusitas Terhadap Minat Generasi Z Menggunakan Asuransi Syari’ah
DOI:
https://doi.org/10.31949/maro.v7i2.11519Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasikeuangan syari’ah dan religiusitas terhadap minat generasi z dalam menggunakan asuransi syariah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menghimpun data primer yang diambil melalui instrumen kuesioner.Sumber data dalam penelitian ini ialah generasi z di Kota Padang, teknik analisis data menggunakan analisis regresi dengan alat uji analisis SPSS. Hasil penelitian terlihat bahwa apabila tingkat pengetahuan tentang literasi keuangan syari’ah dari gen z juga akan meningkatkan minat generasi z dalam mengunakan asuransi syari’ah. Pada realitanya secara garis besar masih banyak diantara generasi z yang tidak mengenal asuransi syari’ah, hal ini dilihat dari 130 responden penelitian mayoritas responden tidak memiliki asuransi syari’ah, sedangkan resiko yang akan terjadi dimasa akan datang tidak bisa diprediksi. Ditinjau dari aspek religiusitas generasi z memiliki nilai religiusitas yang tinggi, namun masih mengabaikan produk produk syari’ah khususnya asuransi syari’ah.