OPTIMALISASI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN SISWA

Penulis

  • Azizah Nur Fitriana Teknologi Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
  • Muthiara Nur Aisah Universitas Sebelas Maret
  • Emanuella Intan Rianto Teknologi Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
  • Ridwan Widakdo Teknologi Pendidikan, Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v5i2.8267

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kelas yang efektif dalam pembelajaran dapat berpengaruh pada penumbuhan motivasi dan meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan penerapan kualitatif dengan metode studi pustaka, literasi jurnal dan melakukan reset data melalui jurnal-jurnal penelitian ilmiah. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kelas yang efektif dapat meningkatkan semangat belajar siswa dan meningkatkan kedisiplinan siswa dengan menerapkan beberapa peraturan yang harus diterapkan dan terdapat sebuah sanksi yang berguna untuk memberikan rasa senggan dalam melanggar aturan yang diterapkan oleh guru didalam kelas. 

Kata Kunci:

optimalisasi, pengelolaan kelas, motivasi, disiplin, siswa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdhiguna, I. K. A., Hermawan, G. S., & Mardani, D. M. S. (2019). PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 TABANAN TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 5(2), 94.

Anton, A., & Usman, U. (2020). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN PENGELOLAAN KELAS. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 4(1), 69–83.

Arfani, J. W., & Sugiyono, S. (2014). MANAJEMEN KELAS YANG EFEKTIF: PENELITIAN DI TIGA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(1), 44–57.

Arif Hidayat, Mm. (2018). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 66–92

Aulia, R., & Sontani, U. T. (2018). PENGELOLAAN KELAS SEBAGAI DETERMINAN TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 9.

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2022). MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA KELAS IX SMPIT KHAIRUNNAS. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 6(2), 70–74.

Fadhlurrahman, A. I., Affandi, L. H., & Nurhasanah, N. (2022). Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus I Moyo Hilir Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1043–1048.

Faruqi, D. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA MELALUI PENGELOLAAN KELAS. Journal EVALUASI, 2(1), 294.

Febianti, Y. N. (2018). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT YANG POSITIF. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 93.

Hudaya, A. (2018). PENGARUH GADGET TERHADAP SIKAP DISIPLIN DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Research and Development Journal of Education, 4(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380

Johannes, N. Y. (2020). PENINGKATAN SIKAP POSITIF DISIPLIN MELALUI PENGELOLAAN KELAS BAGI SISWA SD NEGERI 41 AMBON. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 6(1), 45–57.

Khoiriyah, U. (2019). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MTsN 1 Jombang. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 49–64.

Khotimah, A. K., & Sukartono, S. (2022). Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4794–4801.

Kryati, L. (2018). Sistem Pengelolaan Kelas di Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(2).

Lailatussaadah, Hayati, S., Mardhiah, A., & Munawar. (2023). PENGEMBANGAN LANGKAH-LANGKAH PENGELOLAAN KELAS SECARA DARING UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA COVID-19. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 165–178.

Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70.

Mulyadi, M. S. M. (2020). PERANAN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENULIS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 73–87.

Muyasaroh, S. (2019). Pengelolaan Kelas dalam Melaksanakan Pembelajaran Aktif. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1), 1–20.

Naibaho, S. W., Siregar, E. Y., & Elindra, R. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs NEGERI 1 TAPANULI TENGAH DISAAT PANDEMI COVID-19. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 304–312.

Nugraha, M. (2018). MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27.

Nurpratiwiningsih, L., & Ervina, D. (2022). MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 8–15.

Oci, M. (2019). Manajemen Kelas. JURNAL TERUNA BHAKTI, 1(1), 49.

Purnomo, B., & Aulia, F. (2018). Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 73–91.

Rahmat, N., Sepriadi, S., & Daliana, R. (2017). PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI GURU KELAS DI SD NEGERI 3 REJOSARI KABUPATEN OKU TIMUR. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2).

Umar, U., & Hendra, H. (2020). KONSEP DASAR PENGELOLAAN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. KREATIF: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 18(1), 99–112.

Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). MANAJEMEN KELAS DALAM MENCIPTAKAN SUASANA BELAJAR YANG KONDUSIF; UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 179.

Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 46.

Widiyono, A. (2020). KEMAMPUAN PENGELOLAAN KELAS GURU TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SDN 02 BANJARAN JEPARA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(2).

Yudi Firmansyah, Erwin Susanto, & Muhammad Mona Adha. (2020). Pengelolaan kelas Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan disiplin belajar. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 72–76.

Yuliantika, S. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS X, XI, DAN XII DI SMA BHAKTI YASA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 35.

Unduhan

Abstract Views : 297
Downloads Count: 199

Diterbitkan

2024-04-30

Terbitan

Bagian

Articles