KERAGAMAN PERANGKAT LUNAK MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Rohatul Fikriyah Safira Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Majalengka
  • Dede Salim Nahdi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v5i2.7812

Abstrak

Media belajar IPA sekolah dasar yang masih monoton dan di bawah standar memberikan dampak pada belum efektifnya terhadap pembelajaran. Keberagaman media sangat menunjang untuk keberlangsungan proses pembelajaran, salah satunya penggunaan multimedia interaktif berbasis digital. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai multimedia interaktif berbasis digital pembelajaran IPA di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literatur Review. Langkah penelitian meliputi mencari, menelaah, mengevaluasi, menginterpretasi, meringkas, dan menyimpulkan artikel yang relevan terkait pengetahuan yang dibahas. Penelusuran artikel diperoleh dari Google Scholar, Eric Journal, dan Scopus. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat beragam perangkat lunak yang dapat membantu mengembangkan multimedia interaktif antara lain Adobe Animate, Adobe Flash Professional, Articulate Storyline, Augmented Reality, Construct 2, Lectora Inspire, PowerPoint, iSpring Suite, Smart Apps Creator, dan Unity. Karakteristik dari multimedia interaktif adalah memiliki sifat interaktif yang difasilitasi dengan animasi, adanya keterlibatan siswa untuk aktif, praktis, dan fleksibel. Melalui penggunaan multimedia interaktif dapat memberikan dampak positif pada peningkatan aktivitas belajar, motivasi belajar, pemahaman konsep, berpikir kritis, literasi sains, hasil belajar, dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA.

Kata Kunci:

Perangkat Lunak, Multimedia Interaktif, Pembelajaran IPA, Sekolah Dasar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Pincis: Palangka Raya International and Nasional Conference on Islamic Studies, 1(1), 173–186.

Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran (Amirudin (ed.)). Lembaga Peduli Pembangunan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Azizi, N. A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Aplikasi Lectora Inspire 17 Materi IPA Alat Indera Manusia SD/MI. MIDA:Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(21), 1–6.

Budiarto, F., & Jazuli, A. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Dan Prestasi BelajaR IPA Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 7(1), 50–61.

Chen, C. H. (2020). Impacts of Augmented Reality and a Digital Game on Students’ Science Learning with Reflection Prompts in Multimedia Learning. Educational Technology Research and Development, 68, 3057–3076.

Darmawan, A. (2021). Pegembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Materi Siklus Air Pembelajaran IPA Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. E-Journal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 10(8), 762–776.

Devega, A. T., Glataman, M., S, W., Ropianto, M., Zulatama, A., & Yolanda, M. (2022). Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Sistem Peredaran Darah Manusia Berbasis Android Pada Sekolah Dasar. JTEV: Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional, 8(1), 117–127.

Dewi, A., & Istianah, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Smartphone Materi Suhu dan Kalor Pembelajaran IPA Kelas 5 SD / MI. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(07), 1–11.

Dewi, I. P., Sofya, R., & Huda, A. (2021). Membuat Media Pembelajaran Inovatif dengan Aplikasi Articulate Storyline 3. UNP Press.

Diah Kurniawati, I., & Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick:Journal of Computer and Informatuon Technology, 1(2), 68–75.

Elviana, D., & Julianto. (2022). Pengembangan Media Smart Apps Creator (SAC) Berbasis Android Pada Materi Suhu Dan Kalor Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(04), 746–760.

Fitriani, D. K., Supeno, Wahyuni, D., & Rahayuningsih. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Eduscience (JES), 9(2), 294–304.

Hadiyanti, A. H. D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284–291.

Hamdani, S. A., Prima, E. C., Agustin, R. R., Feranie, S., & Sugiana, A. (2022). Development of Android-based Interactive Multimedia to Enhance Critical Thinking Skills in Learning Matters. Journal of Science Learning, 5(1), 103–114.

Hartoto. (2020). Teori Belajar yang Melandasi Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Huda, A., & Ardi, N. (2021). Teknik Multimedia dan Animasi. UNP Press.

Ilma, I., Riyadi, & Usodo, B. (2024). Improving Creative Thinking Skills and Learning Motivation through Ethnomathematics-based Interactive Multimedia: An Experimental Study in Primary School. Multidisciplinary Science Journal, 6(8), 1–13.

Kurniasari, D., Hakim, L., & Yulaini, E. (2023). Pengaruh Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas IV SD Negeri 9 Rambutan Tahun Ajaran 2022-2023. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 83–91.

Latip, A., & Faisal, A. (2021). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Komputer. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 444–452.

Mubarok, F. S. (2022). Pemanfaatan New Media untuk Efektivitas Komunikasi di Era Pandemi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 10(1), 28–42.

Mustafidah, H., Gilang, M., & Imani, A. (2018). Development of Natural Science Learning Media in Primary School Using Flash Applications to Increase Student’s Achievement. MATEC Web of Conferences, 205(00003), 1–8.

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit UNM.

Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 79–85.

Pramusita, M. K. A., Sariyatun, & Suryono, H. (2024). The Urgency of Android-Based Interactive Multimedia Development to Improve High School Students Collaboration Skills. JET: Journal of Education Technology, 8(1), 127–135.

Putri Islamyati, M., & Manuaba, I. B. S. (2021). Multimedia Interactive Learning in Science Subjects for Grade Fourth Elementary School Students. Indonesian Journal of Education Research and Review, 4(2), 201–212.

Putriana, S., Nellitawati, Bentri, A., & Alwi, N. A. (2022). Development of Interactive Multimedia Based on Powerpoint in Science Learning in Elementary School. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2521–2530.

Qistina, M., Alpusari, M., Noviana, E., & Hermita, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Kelas IVC SD Negeri 034 Taraibangun Kabupaten Kampar. PRIMARY: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 160–172.

Ridwan, M., AM, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42–51.

Rihani, A. L., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2022). Studi Literatur: Media Interatif Ispring Suite terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. JKPD: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(2), 123–131.

Sagita, S., Syahri, W., & Syamsurizal. (2021). Multimedia Interaktif Berbasis Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pokok Bahasan Laju Reaksi. UNESA: Journal of Chemical Education, 10(3), 268–273.

Siswanto, E. (2021). Presentasi Multimedia: Media Pembelajaran Interaktif. Yayasan Prima Agus Teknik.

Syawaludin, A., Gunarhadi, & Rintayati, P. (2019). Development of Augmented Reality-Based Interactive Multimedia to Improve Critical Thinking Skills in Science Learning. International Journal of Instruction, 12(4), 331–344.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63–77.

Widiastuti, T. (2013). Teori Komunikasi 2. Universitas Bakrie Press.

Zharfa, M., & Saputro, B. (2022). Pengembangan Media Power Point Berbasis Multimedia iSpring Suite 10 Materi Energi Listrik. Jurnal Fundadikdas: Fundamental Pendidikan Dasar, 5(1), 26–39.

Zulqadri, D. M., & Nurgiyantoro, B. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Literasi Budaya dan Literasi Digital di Sekolah Dasar. Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi), 25(1), 103–120.

Unduhan

Abstract Views : 326
Downloads Count: 273

Diterbitkan

2024-04-30

Terbitan

Bagian

Articles