SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Penulis

  • Reza Nurropidah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Majalengka
  • E. Kosmajadi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v5i2.7686

Abstrak

Perkembangan pendidikan di abad 21 menuntut kemampuan berpikir kritis pada siswa, tetapi model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih menggunakan metode tradisional sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu menjelaskan dan memberikan wawasan tentang model pembelajaran reciprocal teaching yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Penelitian ini menggunakan tinjauan pustaka dengan teknik Systematic Literature Review. Langkah yang ditempuh meliputi pencarian, peninjauan, interprestasi, dan analisis terdahap semua artikel tentang model pembelajaran reciprocal teching pada rentang waktu 2018 hingga 2023. Sumber referensi yang diperoleh yaitu dari database Semantic Scholar, Google Scholer, dan Publish Or Perish. Hasil analisis data menyatakan bahwa model reciprocal teaching dapat di jadikan sebagai salah satu pilihan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dapat ditempuh melalui penerapan model reciprocal teaching sehingga dapat dijadikan pertimbangan pendidik dalam menerapkannya pada proses pembelajaran didalam ruangan kelas.

Kata Kunci:

Pengajaran timbal balik, Kemampuan berpikir kritis, Abad-21

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aini, Q., Nurfadzilatul, M., Agustina, I., & Pratiwi, E. Y. R. (2022). Penerapan Strategi Reciprocal Teaching Terhadap Kreatifitas Siswa Kelas III Di SD Negeri Genukwatu 2 Ngoro Jombang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1189-1193.

Andira, T., & Susianti, O. M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Kecepatan Melalui Model Reciprocal Teaching Di SDIT An Nuriyah Sekayu. Jurnal Ilmiah Ibtida: Jurnal Prodi PGMI STIT Pemalang, 3(2), 139-155.

Aswirna, P. (2020). Analisis penggunaan model reciprocal teaching berbasis HOTS terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik pada materi IPA Sekolah Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 10(2).

Budiyanto, F. A., Nazurty, N., & Haryanto, E. (2023). Penerapan Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas VI SD Negeri 79/IV Kota Jambi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3577-3583.

Faisal, M., Asrin, A., & Jaelani, A. K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan Media Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus V Manggelewa Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 807-815.

Halim, A. (2022). Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(03), 404-418.

Harahap, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Repciprocal Teaching di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bukit. Jurnal As-Salam, 3(2), 29-37.

Hidayah, R., Latifah, S., Komikesari, H., & Yusuf, I. (2021). Reciprocal Teaching Learning: Is it Effective to Improve Students’ Higher Order Thinking Skills and Scientific Process Skills?. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 4(1), 69-77.

Hidayat, D. (2018). Penerapan Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Siswa MA. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1-8.

Hutauruk, E. E., Anzelina, D., Abi, A. R., & Silaban, P. J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2116-2121.

Inggriyani, F., & Fazriyah, N. (2017). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 105-116.

Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas) (Vol. 2, No. 1, pp. 701-707).

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Matialo, I., & Umboh, S. I. (2023). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Mekanik. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 84-90.

Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal sakinah, 2(1), 14-23.

Muhali, M. (2019). Pembelajaran inovatif abad ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25-50.

Muliati, M. (2018). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pkn Materi Pilkada Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Siswa Kelas VI SDN Sungai Rumbia Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Langsat, 5(2).

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Pratama, Y. A., Sopandi, W., & Hidayah, Y. (2019). RADEC Learning Model (Read-Answer-Discuss-Explain And Create): The Importance of Building Critical Thinking Skills In Indonesian Context. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2), 109-115.

Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada topik penyajian data di pondok pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207-222.

Puspita, L., Yetri, Y., & Novianti, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Kemampuan Metakognisi Dan Afektif Pada Konsep Sistem Sirkulasi Kelas Xi Ipa Di Sma Negeri 15 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 78-90.

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. 05(01), 86–96.

Rahmawati, H., Pujiastuti, P., & Cahyaningtyas, A. P. (2023). Kategorisasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas empat sekolah dasar di SD se-gugus II Kapanewon Playen, Gunung Kidul. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 88-104.

Septiasari, P., Dantes, N., & Suastra, W. (2020). Pengaruh model reciprocal teaching berbasis pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ipa kelas v. Jurnal PENDASI, 4(1), 85-94.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.

Suhariami, Y., Hariani, L. S., & Firdaus, R. M. (2019). Berpikir Kritis: Student Centered Learning (SCL) Dan Reciprocal Teaching. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 4(1).

Suriati, A., Sundaygara, C., & Kurniawati, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas X Sma Islam Kepanjen. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(3), 176-185.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77.

Umam, K. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui pembelajaran reciprocal teaching. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 57-61.

Qonita, N. F., & Nurgiansah, T. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(1), 23-30.

Yuan, R., & Stapleton, P. (2020). Student Teachers’ Perceptions Of Critical Thinking And Its Teaching. Elt Journal, 74(1), 40-48.

Unduhan

Abstract Views : 224
Downloads Count: 125

Diterbitkan

2024-04-30

Terbitan

Bagian

Articles