PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN CANTIGI KABUPATEN INDRAMAYU

Penulis

  • Solecha Solecha SD Negeri Cantigi Kulon 3, Indramayu
  • Cecep Sumarna IAIN Syekhnurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v5i1.7210

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis; 1) Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa, 2) Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa, dan 3) Pengaruh Kompetensi Guru dan Budaya Sekolah terhadap hasil belajar siswa di SD Se Kecamatan Cantigi Kabupaten Indramayu. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kecamatan Cantigi Kabupaten Indramayu yang berjumlah 18 orang guru. Data dikumpulkan dengan uesioner dan data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial sedangkan pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh langsung positif Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,747. Besarnya kontribusi variabel X1 terhadap X3 sebesar 55,9 % sedangkan sisanya 44,1% dipengaruhi oleh variabel lain. 2) terdapat pengaruh langsung positif Budaya Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa, koefisien korelasi sebesar 0,888. Besarnya kontribusi variabel X2 terhadap X3 sebesar 78,8% sedangkan sisanya 21,2% dipengaruhi oleh variabel lain. 3) terdapat pengaruh langsung positif  Kompetensi Guru dan Budaya Sekolah secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Siswa. Koefisiensi korelasi sebesar 0,625. Besarnya kontribusi variabel X1,X2 terhadap X3 sebesar 39% sedangkan sisanya 61% dipengaruhi oleh variabel lain

Kata Kunci:

kompetensi guru, budaya sekolah, hasil belajar, pendidikan agama islam

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aditya, A. M., Setyadi, A. R., & Leonardho, R. (2020). Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Manazhim, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.668

Akbar, Z., & Pratasiwi, R. (2017). Resiliensi Diri Dan Stres Kerja Pada Guru Sekolah Dasar. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 6(2), 106–112. https://doi.org/10.21009/jppp.062.08

Ali, Mohammad Daud, 2009, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Chatib, Munif. 2012. Gurunya Manusia; Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Mizan Pustaka. Bandung.

Damsar. 2011. Pengantar Sosiologi Pendidikan. PT. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Darajat, Zakiah, 2011, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Daryanto, 2011, Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Deviyanti, T. A. (2021). Peran Motivasi Belajar Pada Hubungan Antara Faktor Eksternal Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 22(4), 390–403. https://doi.org/10.32424/jeba.v22i4.1769

Dimayati dan Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta

Dudun, S. (2017). Implementasi Manajemen Inovasi Dan Kreatifitas Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 1(1).

Hasanah, H., Sarmini, S., & Aisyah, S. (2022). Pengaruh Kompetensi Dan Budaya Kerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 100. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1433

Hamdani. 2011. Dasar- dasar Kependidikan. CV Pustaka Setia. Bandung.

Harjanto, 2010, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta

Husaini Usman, 2009, Manajemen:teori, praktek, dan riset pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Irean Susanto. 2006, Model Penjaminan Mutu dalam Pembelajaran. Modul Pelatihan Surakarta

Jalaluddin Rakhmat, 2004, Psikologi Agama Suatu Pengantar, Bandung: Mizan

Kamaludin, K. (2023). How to Improve the Performance of Public Elementary Schools? an Empirical Evidence from Indonesia. Jurnal Prima Edukasia, 11(2), 235–246. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v11i2.60290

Muhibbin Syah, 2004 Psikoplogi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Remaja Rosdakarya, Bandung

Mulyasa, E, 2008, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenagkan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Puspitasari, Y., Tobari, T., & Kesumawati, N. (2020). Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4036

Ramdani, Z., Amrullah, S., & Tae, L. F. (2019). Pentingnya Kolaborasi dalam Menciptakan Sistem Pendidikan yang Berkualitas. Mediapsi, 5(1), 40–48. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2019.005.01.4

Saefullah. 2012. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. CV Pustaka Setia. Bandung.

Salsabila, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2), 278–288. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Sugiyono, 2007, Statistika untuk Penelitian, Bandung, CV Alfabeta

Sukardi, 2011, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara

Yuniarsih, R., & Kamaludin, K. (2021). Pengaruh Gaya Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 311–317. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.2814

Unduhan

Abstract Views : 174
Downloads Count: 152

Diterbitkan

2023-10-31