SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN KOMPETENSI GURU DI SDIT MAKASSAR ISLAMIC SCHOOL BARUGA

Penulis

  • Nuraisyah Ismail UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nurjannah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v5i1.7071

Abstrak

Kualitas guru di Indonesia nilai masih memprihatinkan, hal tersebut dapat dilihat dari tingkat kompetensi guru saat ini. Hasil uji kompetensi yang dilakukan oleh Sumana Supranata pada tahun 2015 menunjukkan masih kurangnya kompetensi guru bidang kompetensi pedagogik. Salah satu upaya yang dilakukan terkait pendidik yakni dengan melakukan supervisi. Pelaksanaan supervisi memberikan peran dalam menjaga hingga meningkatkan kompetensi yang dimiliki pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait supervisi kunjungan yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk menjaga kompetensi guru. Adapun pendekatan yang digunakan yakni deskriptif kualitatif dengan rancangan studi kasus pada kepala sekolah SDIT Makassar Islamic School Baruga. Hasil penelitian menujukan bahwa, supervisi kunjungan kelas yang dilakukan dengan tahapan: (a) Proses persiapan; (b) pelaksanaan; dan (c) evaluasi dan pengontrolan.  Adapun pembinaan yang dilakukan dengan cara: (a) mengadakan pelatihan kompetensi guru; (b) mengadakan ta'lim. Kemudian dalam menilai dan meningkatkan motivasi kompetensi guru diberlakukan cara tertentu, yakni: (a) membuat rapor guru; (b) memilih best teacher.

Kata Kunci: Supervisi, kunjungan kelas, pembinaan.

Kata Kunci:

Supervisi, kunjungan kelas, pembinaan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Colquit, Jason, A., Jeffery A. Lapine, and M. J. W. (2011). Organizational Behavior. Buston McGraw-Hill.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Paket Pelatihan 4: Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar Melalui Manajemen Berbasis Sekolah Peran Serta Masyarakat Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Departemen Pendidikan Nasional.

Fatah, N. (2011). Landasaan Manajemen Pendidikan. In Bandung. Remaja Rosdakarya.

Fatimah, S. (2020). Optimalisasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Min 1 Probolinggo Clinical Supervision Optimization in Improving the Pedagogic Competency of Teachers Min 1. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 2(2), 86–100.

Gary, Yulk. (2010). Leadership and Organization, Sevent Edition. New York: Pearson.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. In Bandung. Pustaka Setia.

Mustofa Kamil. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). In Bandung. Alfabeta.

Nasional, D. P. (2006). Paket Pelatihan 4: Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar Melalui Manajemen Berbasis Sekolah Peran Serta Masyarakat Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. In Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

N, Robert., Lussier and Andchua. (2010). Management Fundamentals, Concept Aplikations, Skill Development. Australia: South Western.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 13 Tahun 2007. Standar Kepala Sekolah Madrasah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 16 Tahun 2007. Standara Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembaran Negara RI Tahun 2005. No. 51. Sekretariat Negara RI Jakarta.

Pidarta, Made. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.

Robbins, Stephen, P and Mary Coulter. (2007). Management. New Jersey: Pearson Education Inc.

Pidarta, M. (2019). Supervisi Pendidikan Kontekstual. In Jakarta. Rineka Cipta.

Stit, S. H., & Nusantara, P. (2019). Supervisi Akademik Kunjungan Kelas Oleh Kepala Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Di Smp Nw Jerua). Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 114–135. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretatif, Interaktif, dan Konstruktif. Alfabeta.

Susarno, R. dan L. H. (2012). Teori dan Praktek Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005, Lembaran Negara RI Tahun 2005, No. 157. Deputi Menteri Sekretaris Negara Bidang Perundang-undangan Jakarta.

Unduhan

Abstract Views : 52
Downloads Count: 78

Diterbitkan

2023-10-31