PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN SERTA NUTRISI ANAK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.13997Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih minimnya kajian yang secara spesifik menyoroti keterkaitan antara literasi kesehatan orang tua dan kualitas pemenuhan nutrisi anak usia dini dalam konteks masyarakat Indonesia. Terdapat kesenjangan data serta kurangnya integrasi antara program edukasi keluarga dengan kebutuhan spesifik anak, di mana peran aktif orang tua dalam pengasuhan berbasis kesehatan belum tergambarkan secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis sejauh mana pemahaman orang tua mengenai kesehatan dan gizi berpengaruh terhadap praktik pengasuhan anak usia dini. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur melalui penelusuran sistematis berbagai sumber terpercaya, seperti jurnal ilmiah, buku akademik, dan dokumen resmi. Analisis dilakukan dengan metode analisis isi (content analysis) untuk mengidentifikasi pola dan tema terkait peran orang tua dalam pemenuhan gizi serta intervensi kesehatan keluarga. Hasil menunjukkan bahwa orang tua berperan sentral dalam membentuk pola makan sehat, menjaga kebersihan, dan menyediakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak. Edukasi gizi dan peningkatan literasi kesehatan terbukti menjadi kunci penting dalam optimalisasi peran orang tua. Simpulan utama dari penelitian ini menegaskan perlunya penguatan kapasitas orang tua melalui program sosialisasi dan intervensi komunitas guna memastikan kesehatan dan nutrisi anak usia dini terpenuhi secara berkelanjutan
Kata Kunci:
orang tua, kesehatan, nutrisi, anak usia diniUnduhan
Referensi
Cahyati, N., & Islami, C. C. (2022). Pemahaman Ibu Mengenai Stunting dan Dampak Terhadap Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 2(2), 175-191.
Erina, E., Jayanti, D. D., Fitriana, D., & Jihansyah, I. (2023). Edu Parenting sebagai Sarana Sosialisasi Pengetahuan dan Pemahaman Orang Tua Terhadap Gizi Seimbang Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 7(2), 158-165.
Fattikasary, A. T., Jayadinata, A. K., Ardiyanti, D., Shofuroh, H., Muqodas, I., Rini, K. P. S., & Fadillah, K. N. (2025). Peran Orang Tua terhadap Pencegahan Stunting pada Anak Usia Dini melalui Perbaikan Pola Makan dan Lingkungan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(1), 3703-3714.
Ginting, J. A., & Hadi, E. N. (2023). Faktor Sosial Budaya Yang Mempengaruhi Kejadian Stunting Pada Anak: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (Mppki), 6(1), 43-50.
Jatmikowati, T. E., Nuraini, K., Winarti, D. R., & Adwitiya, A. B. (2023). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembiasaan Makan Makanan Sehat pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1279-1294.
Juairia, J., Malinda, W., Hayati, Z., Ramadhanty, N., & Putri, Y. F. (2022). Kesehatan diri dan lingkungan: pentingnya gizi bagi perkembangan anak. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(03), 269-278.
Maryumi, M., Wally, A., Hastati, H., Harni, W., Suriyati, S., Rumbia, N., ... & Rahia, D. R. (2022). Sosialisasi Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pemenuhan Gizi pada Anak Usia Dini di TK Terpadu Rejo Sari. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3622-3627.
Munifa, M., Ramadhani, J., & Yusup, A. (2022). Peran Keluarga Terhadap Pemenuhan Gizi Anak Usia Sekolah. In Jurnal Forum Kesehatan: Media Publikasi Kesehatan Ilmiah (Vol. 12, No. 1, pp. 26-32).
Nurfatimah, N., Zainuddin, A., & Meliahsari, R. (2025). Hubungan Personal Hygiene, Pengetahuan Gizi Dan Pendidikan Orang Tua Dengan Status Gizi Remaja Di SMAN 9 Kendari Kota Kendari. Jurnal Kesehatan Lingkungan Universitas Halu Oleo, 6(1), 63-80.
Pratiwi, D., Afrianingsih, A., & Mufid, M. (2024). Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak dengan Meningkatkan Nutrisi melalui Islamic Education Parenting. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 6(1), 71-76.
Ratnawatiningsih, E., & Hastuti, A. P. (2022). Penanaman Karakter Anak Usia Dini Melalui Program Pembiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat di RA Miftahul Falah Gondosuli. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Islam Interdisipliner, 44-52.
Riswanto, A., Joko, J., Boari, Y., Taufik, M. Z., Irianto, I., Farid, A., ... & Ifadah, E. (2023). Metodologi Penelitian Ilmiah: Panduan Praktis Untuk Penelitian Berkualitas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sari, A. K., & Dora, N. (2024). Konsentrasi Belajar Siswa Ditinjau dari Peran Orang Tua Dalam Persiapan Pola Makan dan Kecukupan Gizi. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 15(1), 59-66.
Satria, D., Kusasih, I. H., & Gusmaneli, G. (2025). Analisis Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia Saat Ini: Suatu Kajian Literatur. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 292-309.
Setyawati, V. A. V., & Hartini, E. (2018). Buku ajar dasar ilmu gizi kesehatan masyarakat. Deepublish.
Sonita, S., & Suryana, D. (2024). Pemberian nutrisi terbaik untuk otak anak usia dini: pemberian nutrisi terbaik untuk otak anak usia dini. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 79-84.
Sovitriana, R., & Elmanika, R. P. (2024). Pentingnya: Pendamping keluarga untuk mencegah stunting pada anak-anak. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sukmana, S. F., Putri, M. L., & Alyanti, S. E. (2023). Kebijakan Mengenai Pendidikan Kesehatan sebagai Upaya Menanggulangi Malnutrisi pada Anak SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31257-31261.
Susilowati, E., Yunarsih, Y., & Krisnawati, D. I. (2022). Peran Orang Tua dalam Membiasakan Sarapan Pagi Meningkatkan Status Gizi dan Menurunkan Angka Kejadian Sakit pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Keperawatan, 14(1), 219-228.
Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., Ariyana, I. K. S., Keban, Y. B., ... & Ayu, P. E. S. (2021). Teori dan aplikasi pendidikan anak usia dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Khusnul Khotimah, Rachma Hasibuan, Enik Susilowati, Siti Bunnayah, Noor Iz Zumara

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.