PERAN KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP DAMPAK NUTRISI DALAM PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN MOTORIK ANAK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Penulis

  • Dina Rahmawati Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Rachma Hasibuan Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Lailatun Nazar Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Hanifa Ayu Ratnaningsih Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Rifatul Aliyah Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.13996

Abstrak

Minimnya penelitian spesifik mengenai pengaruh jenis nutrisi tertentu terhadap perkembangan kognitif dan fisik motorik anak usia dini di Indonesia menjadi permasalahan utama dalam studi ini. Penelitian ini bertujuan menganalisis secara mendalam dampak nutrisi terhadap dua dimensi perkembangan tersebut guna menghasilkan rekomendasi berbasis bukti yang kontekstual dan aplikatif. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain sistematik PRISMA, studi ini mengkaji 9 artikel terpilih dari 1.190 sumber ilmiah melalui proses seleksi ketat. Hasil sintesis naratif menunjukkan bahwa nutrisi seperti protein, zat besi, yodium, omega-3, vitamin B kompleks, dan vitamin D memiliki keterkaitan signifikan terhadap peningkatan fungsi kognitif dan motorik anak. Asupan nutrisi memengaruhi pembentukan sinaps, mielinisasi, koordinasi gerak, hingga kekuatan otot. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa pemenuhan gizi seimbang sejak dini sangat krusial untuk mendukung perkembangan optimal anak. Hasil ini diharapkan menjadi dasar bagi intervensi gizi di tingkat keluarga, pendidikan anak usia dini, dan kebijakan publik.

Kata Kunci:

kognitif, motorik, nutrisi, PAUD

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, D. N., Arfananda, M. G., & Saladin, S. (2025). Studi Implementasi Otonomi Dan Desentralisasi Pemerintah Kota Bandung Dalam Konvergensi Pencegahan Stunting. Jurnal Kolaboratif Sains, 8(1), 443-453.

Amania, R., Hidayat, M. N., Hamidah, I., Wahyuningsih, E., & Parwanti, A. (2022). Pencegahan Stunting Melalui Parenting Education Di Desa Pakel Bareng. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol, 1(1).

Asmani, J. M. M. (2015). Panduan Praktis Manajemen Mutu Guru PAUD. Diva Press.

Hakim, R., Dahlan, D., & Lahmi, A. (2025). The Brain Development and Nutrition. TOFEDU: The Future of Education Journal, 4(1), 20-29.

Hartika, A. Y., Ulumiyah, S. A., & Kandarina, B. I. (2023). Akseptabilitas Pemangku Kebijakan dalam Implementasi Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Kesehatan Tropis Indonesia, 1(1), 1-10.

Istiqomah, A., Amali, R. A., & Tiawati, S. (2024). Peran Gizi Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Balita. Antigen: Jurnal Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Gizi, 2(2), 67-74.

Khadijah, M. A., & Amelia, N. (2020). Perkembangan fisik motorik anak usia dini: teori dan praktik. Prenada media.

Kusdalinah, K., Mutia, A., & Jumiyati, J. (2022). Pola makan dan aktivitas fisik terhadap kejadian obesitas remaja pada masa pandemi Covid-19. Journal of Nutrition College, 11(1), 26-34.

Marzuki, D. S., & Tahrim, N. (2024). Derajat kesehatan masyarakat. Uwais Inspirasi Indonesia.

Nurhidayati, N., Fesmia, H. L., Putri, L. L., & Suryantini, N. K. M. (2023). Nutrisi Pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) Sebagai Dasar Perkembangan Kognitif: Sebuah Kajian Pustaka. Jurnal Kedokteran, 12(3).

Samaloisa, M. S. (2024). Keterlambatan perkembangan motorik anak akibat kurangnya asupan gizi. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif, 5(11).

Sudargo, T., Kusmayanti, N. A., & Hidayati, N. L. (2018). Defisiensi Yodium, Zat Besi, dan Kecerdasan. Ugm Press.

Sufa, F. F., Sutarwan, H. A., Safitri, N. N., Kusuma, R. M., Weni, P. W. P., Amelia, T., ... & Silvi, I. C. (2023). Mengenal Deteksi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Unisri Press.

Suiraoka, I. P., St, S., Nur, R., Laraeni, Y., Mataram, I. I. K. A., Dewantari, N. M., ... & Gz, S. (2024). Kesehatan dan gizi anak untuk usia dini. Cv Rey Media Grafika.

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Kencana.

Tiwery, I. B., Purnamasari, J., Widiansari, F. E., & Amalia, A. A. (2024). Kupas Tuntas Stunting: Penyebab, Deteksi Dini, Pencegahan, Penanganan, dan Evidence Based Practice. Penerbit NEM.

Wibowo, A., & Putri, S. (2021). Pedoman Praktis Penyusunan Naskah Ilmiah dengan Metode Systematic Review. Depok: Departemen Administrasi dan Kebiijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Unduhan

Abstract Views : 34
Downloads Count: 23

Diterbitkan

2025-05-31

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama