PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TOLONG MENOLONG SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DAARUL ULUUM PUI RANJI

Authors

  • Muhammad Dona Heryatna Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Majalengka,Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v4i2.8984

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk karakter tolong menolong, 2) metode yang digunakan dalam membentuk karakter tolong menolong, 3) faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter tolong menolong siswa Madrasah Tsanawiyah Daarul Uluum PUI Ranji. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Daarul Uluum PUI Ranji yang berjumlah 68 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling  dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Data yang terkumpul menggunakan teknik angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modeling-PLS (SEM-PLS) dan keseluruhan tabulasi pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software SMART-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai R-square yang diperoleh sebesar 0,994, atau 99,4%, yang menunjukkan bahwa variabel ekstrakurikuler pramuka dan Stimulan Sikap Tolong Menolong dapat memengaruhi 99,4% variabel pembentukan karakter tolong menolong siswa. Hasil pengujian hipotesis menggunakan pengujian bootstrapping. Metode yang digunakan untuk membentuk karakter tolong menolong pada kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Tsanawiyah Daarul Uluum PUI Ranji adalah dengan pemberian nasehat, motivasi, keteladanan, pemberian tugas, dan pencapaian SKU dan SKK. Selain itu, ada faktor pendukung dalam pembentukan karakter tolong menolong yaitu sikap, pengetahuan dan pengalaman pembina pramuka, kesadaran pribadi siswa, pendanaan, sarana prasarana, dukungan orang tua dan lingkungan masyarakat sekitar, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya minat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dan faktor cuaca. Sehubungan dengan itu, peneliti menyarankan agar siswa terus aktif dan rutin dalam mengikuti kegiatan kepramukaan baik yang diadakan oleh sekolah maupun yang diadakan oleh pihak luar sekolah.

Keywords:

Pramuka, Karakter, Tolong menolong

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto S. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

Dalrymple, O. & Evangelou, D. 2006. “The Role of Extracurricular Activities in the Education of Engineers”. Makalah. Purdue University, Departement of Engineering Education West Lafa- yette, IN 47906, San Juan, Puerto Rico, July 2006, pp. 23-28.

Ghozali, I. 2023. Partial Least Squares,Konsep,Teknik dan Aplikasi menggunakan Program SmartPLS 4.0 untuk Penelitian Empiris, Semarang: Yoga Pratama

Jihad, A. dkk. 2010. Pendidikan Karakter Teori dan Implementasi. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Kemdiknas.

Kamaludin, K. (2022). Identifikasi Manajemen Strategis Pada Sekolah Dasar Negeri di Era Disruptif. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 278–289. http://www.putrapublisher.org/ojs/index.php/jipsi/article/view/50

Kamaludin, K. (2022). The Analysis of Business Ethics In The Management Of Private College. Journal Of World Science, 1(3), 95–102. https://doi.org/10.36418/jws.v1i3.18

Koesoema, D. 2012. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Mustari, M. 2014. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.

Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Kemendikbud. 2014. Kepramukaan: Bahan Ajar Implementasi Kurikulum 2013 untuk Kepala Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan PSDMPK dan PMP Kemendikbud.

Rahman, M. 2011. Metode Pendidikan Moral dalam Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Campuran, Tindakan dan Pengembangan. Semarang: Unnes Press.

Subana. Dkk. 2000. Statisti Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Wibowo, A. 2012. Pendidikan Karakter: Stra- tegi Membangun Karakter Bangsa dan Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widodo, A.HS. 2003. Ramuan Lengkap bagi Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pembina Pramuka, Yogyakarta: Kwartir Daerah XII DIY.

Widodo, A.HS. 2014. “Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Menengah”. Makalah disajikan dalam Workshop Implementasi Ekstrakurikuler Wajib Pramuka dalam Kurikulum 2013 di Universitas Negeri Yogyakarta pada Tanggal 29 November 2014.

Wiyani, N.A. 2013. Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Abstract Views : 62
Downloads Count: 67

Published

2023-10-30