PENERAPAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TK PANJIWANGI KECAMATAN CIKIJING

Authors

  • Lina Lindiawati TK Panjiwangi, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v3i2.8496

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  kemampuan kognitif anak khususnya mengenal lambang bilangan. Pemanfaatan media pohon angka pada anak usia dini adalah suatu kegiatan yang pemanfaatan media pohon angka yang dimainkan anak untuk mengenal konsep bilangan pada anak sejak dini. Pemanfaatan media pohon angka ini bertujuan untuk mengenalkan konsep bilangan berdasarkan pemahaman anak pada indikator 1-10 dengan cara anak menunjukan angka-angka pada pohon angka. Media pohon angka ini dapat menolong anak dalam mengenal konsep bilangan 1-10 dengan tampilan yang menarik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media pohon angka dapat membantu anak dalam mengenal konsep bilangan khususnya angka 1-10. Hal tersebut bisa dilihat dari hasil survey penenerapan alat media edukatif (APE) terhadap peningkatan kemampuan kognitif anak  dari seluruh penilaian  adalah 71.5% dari skor maksimal 4 yang berarti termasuk kategori sangat setuju dan 28,5% dari skor maksimal setuju.

Keywords:

Penerapan, Alat peraga edukatif, Perkembangan kognitif anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hartawan, A. (2020). Kontribusi Kompetensi Pedagogik Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Efektivitas Kerja Guru. Jurnal Madinasika: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 2(1), 41–50. http://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika

Kamaludin, Widodo, J., Handoyo, E., & Masyhar, A. (2020). Kewenangan Supervisi Akademik Dalam Perbaikan Pembelajaran Berkelanjutan. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2019, 916–927. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/685/605

Kristianty, D., & Sulastri, S. (2021). Pengaruh Metode Ceramah Dan Dialog Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Madinasika Manajemen Dan Keguruan, 3(1), 21–30.

Musi, M. A., Sadaruddin, & Mulyadi. (2017). Implementasi Permainan Edukatif Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 117–128. https://doi.org/doi.org/10.24853/yby.1.2.117-128

Novita, A., & Muqowim, M. (2019). Inovasi Guru dalam Metode Pembelajaran Berhitung untuk Menstimulasi Kecerdasan Logis-Matematis di TK Kalyca Montessori School Yogyakarta. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 21–36. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.51-02

Okdiantari, E., & Komalasari, D. (2019). Pengembangan alat permainan edukatif (APE) prisma angka untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun. PAUD Teratai, 8(2), 1–4. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/29435

Rohmalina, R., Aprianti, E., & Lestari, R. H. (2020). Pendekatan Open-Ended dalam Mempengaruhi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1409–1418. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.805

Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Madinasika: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika

Suhendri, H., & Mardalena, T. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 1–9.

Syafitri, O., Rohita, R., & Fitria, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1 – 10 Melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 4(3), 193. https://doi.org/10.36722/sh.v4i3.277

Yuniarsih, R., & Kamaludin, K. (2021). Pengaruh Gaya Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 311–317. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.2814

Downloads

Abstract Views : 35
Downloads Count: 26

Published

2022-04-29