PERAN SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER PADA SISWA TENTANG MARAKNYA BULLYING DAN DISKRIMINASI DI SMA NEGERI 8 SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.14746Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran sekolah dalam menanamkan nilai karakter pada siswa tentang maraknya bullying dan diskriminasi, kemudian untuk mengetahui kendala atau tantangan yang sering dihadapi dalam menanamkan nilai karakter pada siswa, serta untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keefektivitasan program penanaman nilai karakter dalam mencegah bullying dan diskriminasi. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 8 Samarinda pada bulan November-Januari 2024. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru PPKn, dan Siswa dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program penanaman nilai karakter pada siswa mampu dijalankan dengan baik untuk membangun dan mengembangkan karakteristik siswa terhadap isu bullying dan diskriminasi yang ada. pihak sekolah maupun peserta didik memiliki kendala baik dari internal maupun eksternal yang kemudian dengan upaya yakni pendidikan karakter lewat program intrakurikuler, ekstrakurikuler serta saat proses pembelajaran dapat meningkatkan keefektivitasan program tersebut dalam mencegah terjadinya tindak bullying dan diskriminasi, selain itu dapat membuat siswa menjadi pribadi yang menerapkan nilai-nilai karakter seperti toleransi, kerja sama, cinta tanah air, disiplin dan bertanggung jawab di kehidupannya sehari-hari. Memahami dan menyebarkan kebiasaan positif agar siswa juga memiliki jiwa sosial yang tinggi dengan dibarengi adanya etika dan moral
Keywords:
Peran Sekolah, Nilai Karakter, Bullying, DiskriminasiDownloads
References
Akhadiyah, N. (2022). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Preventif Munculnya Sifat Diskriminasi. Educare : Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.56393/educare.v2i1.1102
Arianto, Y., Fitri, M., & Ali, R. (2023). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Talibura. Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.56393/didactica.v3i2.1795
Ati’Maulana Anifah, Erlin, Hidayatul Munawaroh, & Zumrotus Sangadah. (2023). Dampak Bullying Terhadap Prestasi Peserta Didik Sd/Mi Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(1). Https://Doi.Org/10.54723/Ejpgmi.V2i1.47
Aulia Dini Hanipah, Titan Nurul Amalia, & Dede Indra Setiabudi. (2022). URGENSI LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF DALAM MENDORONG SISWA BELAJAR AKTIF. Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.51903/education.v2i1.148
Budiyono, A. E. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Era Digital. Nusra: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(3). Https://Doi.Org/10.55681/Nusra.V4i3.1448
Faradilla, D. (2023). Diskriminasi Ras dalam Cerita Pendek Skin Karya Emily Bernard. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 12(1). https://doi.org/10.26499/jentera.v12i1.4975
Fatmala, A. P., Qumairoh, I. D., Siboro, R. L., Situmorang, A., & Ivanna, J. (2022). Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Mahasiswa Jurusan PPKn Di Lingkungan Kampus Universitas Negeri Medan. Citizenship:Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 10(01).
Ferry, D., Santosa, T., & Kamil, D. (2020). PENGETAHUAN MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KERINCI TENTANG TEORI ASAL USUL MANUSIA. BIOEDUCA : Journal of Biology Education, 1(1). https://doi.org/10.21580/bioeduca.v1i1.4945
Fulthoni, Arianingtyas, R., Aminah, S., & Sihombing, U. P. (2009). Memahami Diskriminasi. In The Indonesian Legal Resource Center (ILRC) (Vol. 44, Issue 8).
Karmila, K., Fauziah, N., Safira, E., Atdeni Sadikin, M. N., & Wardhana, K. E. (2021). Diskriminasi Pendidikan di Indonesia. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.21462/educasia.v6i3.128
Mar’ati, A. (2022). Peran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65774
Miftahul Huda, R. R., & Ardiyan, L. (2022). Rancangan Implementasi Perma+ Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Pencegahan Bullying Dan Peningkatan Wellbeing Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 3(06). https://doi.org/10.46799/jst.v3i6.566
Moghtaderi, M., Saffarinia, M., Zare, H., & Alipour, A. (2020). Kewajiban Negara Dalam Penyediaan Fasilitas Pendidikan Kepada Masyarakat Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidkan Nasional. Quarterly Journal Of Health Psychology, 8(32).
Nur, M., Yasriuddin, Y., & Azijah, N. (2022). Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3). https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1054
Pratiwi, D., Aprilita, D., Brilianti, F., Awalin, L. Q., & Lutfiati, S. (2024). Bentuk - Bentuk Diskriminasi pada Siswa Kelas VI UPT SDN 2 Blitarejo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3). https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.270
Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1). https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41129
Putra, M. T. F. (2022). ANALISIS PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF DI KOTA SAMARINDA. Jurnal Riset Inossa, 3(2). https://doi.org/10.54902/jri.v3i2.51
Rachma, A. W. (2022). Upaya Pencegahan Bullying Di Lingkup Sekolah. Jurnal Hukum Dan Pembangunan Ekonomi, 10(2). https://doi.org/10.20961/hpe.v10i2.62837
Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892
Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274
Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1). https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Sapdi, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730
Sofyan, F. A., Wulandari, C. A., Liza, L. L., Purnama, L., Wulandari, R., & Maharani, N. (2022). Bentuk Bullying Dan Cara Mengatasi Masalah Bullying Di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(04). https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i04.400
Syafnidawaty. (2020). Perbedaan Data Primer Dan Data Sekunder. Raharja.Ac.Id.
Teori Sosial Albert Bandura, P., & Tullah, R. (2020). Penerapan Teori Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar. Jurnal Pendidikan Agama Islam , 6.
Tristanti, I., Nisak, A. Z., & Azizah, N. (2020). Bullying Dan Efeknya Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Kudus. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 11(1). https://doi.org/10.26751/jikk.v11i1.803
Turnip, Endang Permata Sari, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas III di SD Negeri 124385 Jl. Sawi Pematangsiantar Endang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.
Wahyuni, S., Erita, Y., & Fitria, Y. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdela di SD Negeri 19 Silungkang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ika Cahya Ibrahim, Wingkolatin Wingkolatin, Moh. Bahzar, Asnar Asnar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.