ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DIGITALISASI PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 8 SAMARINDA

Penulis

  • Yusril Ihza Mahendra Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman
  • Marwiah Marwiah Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman
  • Wingkolatin Wingkolatin Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman
  • Jamil Jamil Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman
  • Asnar Asnar Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman
  • Nur Fitri Handayani Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.14272

Abstrak

Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan model pembelajaran yang efektif pada proses pembelajaran digitalisasi di SMA Negeri 8 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Samarinda dengan menggunakan teknik observasi,wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data primer sebanyak 7 orang serta teknik analisis data yaitu pengumpulan,reduksi data,penyajian data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis digitalisasi pada mata pelajaran PPKn memberikan pengaruh yang signifikan. Hal ini karena penggunaan media digital menjadikan siswa menjadi lebih terlihat aktif dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efesien.

Kata Kunci:

Analisis, Model, Digitalisasi, Mata Pelajaran PPkn

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdul, I. A., Aulia, F., Makalunsenge, R., & Rahmat, A. (2023). Digitalisasi Hubungan Masyarakat Berbasis Website di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1981–1986.

Abidin, Z., (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, Dan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis.ProfesiPendidikanDasar,7(1),37-

52.https://doi.org/10.23917/ppd.v7il.10736

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah ProfesiPendidikan,5(1),64-

70.Https://doi.org/10.29303/JIPP.V511.111

Baidowi, B., Novitasari, D., Subarinah, S., Ayu Apsari, R., & Made Intan Kertiyani, N. (2021). Pendampingan Perencanaan, Pengelolaan dan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Proyek Bagi Guru Matematika SMK Kota Mataram, Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 165- 168, https://doi.org/10.29303/rengganis.vli2.96

CENDEKIA Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan PendidikanIslam, 09(02), 193–210.

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). htpps://doi.org/10.33394/mpm.v8il.2462

Indriani, W. ade. (2020). Peningkatan Kemampuan Berfikir Matematis Siswa Materi Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Proyek Terintegrasi Stem. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 51.

Isnaniah, I (2019). Peningkatan Kreativitas dan Kemandirian Belajar Mahasiwa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Perkuliahan Media Pembelajaran Matematika. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2),83, https://doi.org/10.2401/sjme.v3i2.35 49

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)”, Jakarta: Lintas Media,2019

Mardhiyana, D. (2019). Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Mahasiwa Melalui Penerapan pembelajaran Berbasis Proyek Pada mata Kuliah Evaluasi Proses Dan Hasil Pembelajaran Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Matematika,5(1),1.https://doi.org/10.31941/delta.v5il.389

Penerapan Konsep-Konsep Digitalisasi dalam Pelayanan Publik di Kantor Desa Manunggal Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara. Journal of Research and Development on PublicPolicy,2(2),199–214. https://doi.org/10.58684/jarvic.v2i2.73

Pratama, I.P.A., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Project Based Learning Pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 317-329.

Ramdhani, M. A. (2020). Lingkungan Pendidikan dalam Impelementasi Pendidikan Karakter. Journal of Industrial Relations, 26(1), 112- 119. https://doi.org/10.1177/002218568402600108 Rohmah, A. N. (2019). Belajar Dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar).

Sayyid, U. I. N., & Rahmatullah, A. (2022). Implementasi manajemen kesiswaandi sma negeri blitar. 10(1), 1–11.

Sidiq, U., & Indriani, F. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (A. Mujahidin, Ed.). Nata Karya

Tethool, G., Paat, W. R. L., & Wonggo, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3),268–275. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.15

Trisna, Anita. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2)

Unduhan

Abstract Views : 8
Downloads Count: 3

Diterbitkan

2025-06-14