IMPLEMENTASI PERMENDIKBUD NO. 20 TAHUN 2018 TENTANG PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SAMARINDA

Authors

  • Dwi Vika Sari Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman
  • Marwiah Marwiah Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman
  • Suryaningsi Suryaningsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman
  • M. Jamil Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.13977

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Permendikbud No. 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMA Muhammadiyah 2 Samarinda, Fokus penelitian ini meliputi: (1) bentuk impelemntasi penguatan pendidikan karakter di sekolah, (2) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan penguatn pendidikan karakter, (3) upaya atas kendala yang dihadapi, serta (4) evaluasi impelmentasi penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data model penelitian kualitatif versi Miles dan Huberman dengan kegiatan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan dan pengujian kesimpulan (drawing and verifying conclusing).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pengutan pendidikan karakter di SMA Muhammadiyah 2 Samarinda dilakukan melalui integrasi dalam kegiatan intrakulikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Nilai utama karakter yang ditekankan meliputi religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Faktor pendukung pelaksanaan penguatan pendidikan karakter adalah dukungan dari kepala sekolah, guru, serta adanya kegiatan keagamaan rutin. Sedangkan hambatan yang dihadapi antara lain kurangnya partisipasi aktif sebagian siswa dan keterbatasan waktu pelaksanaan. Untuk mengatasi hambatan tersebut, pihak sekolah melakukan pendekatan personal, serta optimalisasi peran guru sebagai teladan karakter.

Keywords:

Implementasi, Penguatan Pendidikan Karakter, Permendikbud No. 20 Tahun 2018

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, J. M., Adrian, H., & Arif, M. (2021). Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter Dalam lingkungan keluarga. Jurnal Pendias, 3(1), 1–24.

Althafullayya, M. R., Al-Qur’an Dan Tafsir, I., Ushuluddin, U., Islam, N., Sultan, S., & Kasim, R. (2024). Peran Pendidikan Karakter Untuk Generasi Muda Berdaya Tahan dalam Mendukung Ketahanan Nasional: Analisis Holistik. Journal Education Innovation E-ISSN, 2(1), 163–174. https://jurnal.ypkpasid.org/index.php/jei

Badrus Zaman. (2019). Urgensi pendidikan karakter yang sesuai dengan falsafah bangsa Indonesia. AL GHAZALI , Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 2(1), 16–31. https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/101

Firmansah, K. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Habituasi. Journal Irfani, 13(1), 131–138.

Gumilar, D. A., Lailufar, H. F., Herawati, N., Sofiyani, N. E., Salsyabella, R. C., Hermayanti, R. A., Rahmadini, R., & Furnamasari, Y. F. (2024). Membangun Karakter Bangsa: Peran Pendidikan Pancasila dalam Pembentukan Etika Generasi Muda. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1988–1999. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.995

Hardiyanto, L., Iriansyah, H. S., & Saryono, S. (2024). Landasan Filosofis Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jurnal Citizenship Virtues, 4(1), 733–741.

Kamaludin, K. (2023). IDENTIFIKASI MANAJEMEN STRATEGIS PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI ERA DISRUPTIF. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 3(1), 278–289. https://www.putrapublisher.org/ojs/index.php/jipsi/article/view/50

Kusnoto Yuver. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4, 5–6.

Wulandari, H., & Ningsih, S. A. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Sejak Dini Untuk Melawan Aksi Bullying Era Revolusi 5.0. Innovative : Journal Of Socisl Sciece Research, 3(2), 14773–14787.

Yuniarsih, R., & Kamaludin, K. (2021). Pengaruh Gaya Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 311–317. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.2814

Downloads

Abstract Views : 34
Downloads Count: 11

Published

2025-05-28