PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI E-STOCK DAN PEMANFAATAN TERHADAP EFEKTIVITAS MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

(STUDI KASUS SMKN 10 SAMARINDA)

Authors

  • Trifena Oliviana Mumek STMIK Widya Cipta Dharma
  • Yunita Yunita STMIK Widya Cipta Dharma
  • Yulindawati Yulindawati STMIK Widya Cipta Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.13573

Abstract

Pengelolaan barang inventaris di lingkungan sekolah kejuruan sering kali menghadapi kendala administratif, seperti pencatatan manual yang berisiko menimbulkan kesalahan dan keterlambatan proses. SMKN 10 Samarinda mengimplementasikan aplikasi E-Stock sebagai solusi sistem informasi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi persepsi pengguna terhadap kemudahan penggunaan dan pemanfaatan aplikasi E-Stock, serta pengaruhnya terhadap efektivitas penggunaan dalam kegiatan operasional sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner tertutup yang dibagikan kepada sembilan responden aktif. Instrumen terdiri dari 18 pernyataan yang mencerminkan tiga variabel utama, yaitu kemudahan penggunaan, pemanfaatan, dan efektivitas. Setiap pernyataan dinilai menggunakan skala Likert 1 sampai 5. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan SPSS untuk memperoleh nilai rata-rata dari setiap variabel yang diteliti. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan memperoleh nilai rata-rata sebesar 4.37; pemanfaatan sebesar 4.40; dan efektivitas sebesar 4.28. Ketiga nilai tersebut berada pada kategori tinggi, yang mengindikasikan bahwa pengguna memiliki persepsi sangat positif terhadap aplikasi. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa aplikasi E-Stock telah memenuhi harapan pengguna dalam mendukung efisiensi kerja dan administrasi sekolah. Penelitian ini juga menegaskan bahwa model evaluasi seperti EUCS relevan digunakan dalam konteks sistem informasi pendidikan.

Keywords:

Efektivitas, EUCS, Kepuasan Pengguna, Pemanfaatan, Sistem Informasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darwati, L. (2022) ‘Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi WETV Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)’, Jurnal Ilmiah Komputasi, 21(4), pp. 34–42. Available at: https://doi.org/10.32409/jikstik.21.4.3217 .

Farid, M. and Laksmi, A.C. (2023) ‘Pengaruh persepsi manfaat, kemudahan penggunaan, risiko terhadap minat menggunakan dompet elektronik’, Jurnal UII, 5(2020), pp. 441–449. Available at: https://doi.org/10.20885/ncaf.vol5.art50.

Hayani, H. (2012) ‘Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Kedai Kalizar Lahat’, GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi, 13(2), pp. 85–94. Available at: https://doi.org/10.47768/gema.v13i2.234.

Imron, M. and Pratiwi, D.S.R. (2023) ‘Penerapan Metode End - User Computing Satisfaction (EUCS) Untuk Menganalisis Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Kepuasan Siswa’, CogITo Smart Journal, 9(1), pp. 135–144. Avalilalble at: https://doi.org/10.31154/cogito.v9i1.442.135-144.

Josi, A., Irwan and Dani (2022) ‘Sistem Informasi Inventaris Barang DenganBarcode’, Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi Terapan, Vol 2(No 2), pp. 107–113. Avalilalble at: http://snitt.polman-babel.alc.id/.

Kamal, M.R., Dyatmika, T. and Bakhri, S. (2020) ‘Penerapan Metode End-User Computing Satisfaction Untuk Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning’, IC-Tech, 15(1), pp. 7–14. Available at: https://ejournal.stmik-wp.ac.id/index.php/ictech/article/view/84.

Kamaludin, K. (2023). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Perubahan Dalam Pemberdayaan Warga Sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(2), 249. https://doi.org/10.25157/jwp.v10i2.11309

Kamaludin, K., Taulany, H., & Slamet, S. (2024). Enhancing Competitive Advantage in the Disruptive Era: Strategy Formulation Framework in Model Public Junior High Schools in Indonesia. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 42–58. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v8i1.6861

Malritsal, AL. et all. (2021) ‘Pengalruh Teknologi Dallalm Dunial Pendidikaln’, ALl-Muthalralhalh: Jurnall Penelitialn daln Kaljialn Sosiall Kealgalmalaln, 18(2), pp. 91–100. ALvalilalble alt: https://doi.org/10.46781/all-muthalralhalh.v18i2.303.

Wildani, L. et al. (2022) ‘Implementasi Masalah Matematika melalui SPSS’, Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 1(2), pp. 94–104. Available at: https://doi.org/10.56916/pjmsr.v1i2.261.

Downloads

Abstract Views : 0
Downloads Count: 0

Published

2025-04-29